kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menlu AS dan Menlu Rusia Ogah Saling Bertemu di KTT Menlu G20 Bali


Sabtu, 09 Juli 2022 / 19:59 WIB
Menlu AS dan Menlu Rusia Ogah Saling Bertemu di KTT Menlu G20 Bali
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Amerika AS Antony Blinken dan Menlu Rusia Sergei Lavrov sama-sama ogah saling bertemu di KTT Menlu G20 di Bali.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Perseteruan Amerika Serikat (AS) dengan Rusia terbawa di KTT Menlu G20 Bali. Menteri Luar Negeri Amerika AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sama-sama ogah saling bertemu di KTT Menlu G20 di Bali, Jumat (8/7).

Blinken emoh menemui Lavrov di KTT Menlu G20. Sebaliknya, Menlu Rusia membalasnya dengan komentar tidak akan mengejar AS untuk berdiskusi.

"Bukan kami yang mengabaikan kontak, tapi Amerika Serikat," kata Lavrov kepada wartawan, dikutip dari kantor berita AFP. "Kami tidak mengejar siapa pun untuk mengadakan pertemuan," lanjutnya.

AS berusaha mengisolasi Rusia di panggung dunia, dan para ajudan Blinken berkata bahwa mereka tidak melihat ada gunanya berbicara dengan Lavrov selama Moskwa melanjutkan perangnya di Ukraina.

Baca Juga: Fitch Pangkas Peringkat Utang Turki, Ini Sebabnya

Lavrov seraya memberi hormat kepada tuan rumah Indonesia, mengecam pendekatan negara-negara Barat di G20 yang dibentuk sebagai perkumpulan negara ekonomi utama dunia.

Ia bilang, para mitra Barat berusaha menghindari pembicaraan tentang masalah ekonomi global.

"Sejak saat mereka berbicara, mereka meluncurkan kritik pedas terhadap Rusia atas situasi di Ukraina, menyebut kami agresor dan penjajah. Semua orang menyuruh kami untuk mengakhiri operasi dan mencapai solusi damai," lanjut Lavrov.

Namun, dia menambahkan, "Terlepas dari perilaku rekan-rekan Barat kami, ini adalah diskusi yang berguna."

Lavrov juga walk out atau keluar dari pertemuan ketika negara-negara kekuatan Barat mengkritik invasi Rusia ke Ukraina. Menlu Rusia itu dilaporkan walk out dari sesi pagi ketika Menlu Jerman Annalena Baerbock mengkritik Moskwa atas invasinya.

Dia juga disebut meninggalkan pertemuan sesi sore sebelum Menlu Ukraina Dmytro Kuleba berbicara kepada para menteri secara virtual, dan tidak hadir saat Blinken mengecam Rusia.

Baca Juga: Putin: Sanksi Lebih Lanjut atas Rusia Bisa Menyebabkan Bencana di Pasar Energi Global

Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KTT Menlu G20, Rusia dan AS Sama-sama Tak Mau Saling Bertemu".




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×