kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Jerman Ingin Cegah Pihak Asing Kuasai Perusahaan Penting


Senin, 11 Februari 2019 / 10:48 WIB
Menteri Jerman Ingin Cegah Pihak Asing Kuasai Perusahaan Penting


Sumber: DW.com | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - DW. Baru saja Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier memperkenalkan konsep "Strategi Industri Nasional 2030" kepada publik, kritik bermunculan dari berbagai pihak. Konsep itu resminya bertujuan untuk mengembangkan sektor industri nasional dan meningkatkan daya saing internasionalnya dalam teknologi dan inovasi. Tapi beberapa poin segera mendapat sorotan media.

Dalam upaya melindungi industri nasional, Altmeier mengusulkan perombakan UU Persaingan untuk mendukung perusahaan-perusahaan besar melakukan ekspansi, sekaligus mencegah pihak asing mengambil alih perusahaan-perusahaan kunci.

Dalam "situasi luar biasa" negara harus diizinkan untuk menasionalisasi sebagian bisnis-bisnis kunci untuk menghindari pengambilalihan oleh investor asing. Untuk itu Menteri Keuangan mengusulkan pembentukan dana investasi negara.

Kritik dari berbagai pihak

Juru bicara ekonomi dari Partai Liberaldemokrat FDP Reinhard Houben menggambarkan rencana Altmaier sebagai bagian dari "ekonomi terencana" dan menyerukan agar bisnis sebaiknya dibebaskan dari pajak dan kontribusi-kontribusi lain, dan dilepaskan dari "hambatan-hambatan birokrasi".

Di pihak lain, Ketua Partai Kiri Die Linke, Bernd Riexinger, menuduh Peter Altmaier gagal bertindak untuk kepentingan masyarakat banyak dan hanya puas menyerahkan lebih banyak wewenang kepada perusahaan.

Ketua Fraksi Partai Hijau Anton Hofreiter mengatakan, "alih-alih menggelembungkan perusahaan-perusahaan menjadi korporasi, pemerintah seharusnya menyusun sasaran ekologis dan sosial yang jelas."

Menjadi yang terdepan

Menteri Keuangan Peter Altmaier mengatakan, tahun 2016 perusahaan robotik Jerman Kuka diakuisisi oleh perusahaan Cina. Hal ini sangat membekas di ingatannya. Itu sebabnya Jerman perlu melindungi perusahaan-perusahaan pentingnya, seperti Siemens. Dalam konsep strategi nasionalnya disebutkan, Jerman perlu mencetak "juara-juara nasional dan Eropa" untuk bersaing dengan Cina dan AS.

Dalam perkembangan teknologi yang pesat, siapa pun yang mengendalikan teknologi-teknologi baru akan memiliki peluang "menjadi yang terdepan," kata Altmeier, sementara mereka yang "tidur dan melewatkan" perubahan-perubahan ini hanya akan menjadi "tukang bengkel bagi orang lain".

Sebagai teknologi kunci, konsep Strategi Industri Nasional 2030 antara lain menyebutkan sektor digital dan kecerdasan buatan. Altmeier mengatakan akan membahas strategi nasionalnya dengan perwakilan dari politik, bisnis, organisasi perdagangan, dan serikat pekerja. Dia berharap setelah itu akan lahir strategi nasional yang bisa diadopsi oleh pemerintah.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×