kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Keuangan AS: Kami tidak bisa mematikan perekonomian lagi


Kamis, 11 Juni 2020 / 23:55 WIB
Menteri Keuangan AS: Kami tidak bisa mematikan perekonomian lagi


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan, Amerika Serikat (AS) tidak bisa membiarkan virus corona baru menutup ekonomi lagi. Lebih dari US$ 1 triliun dana penyelamatan akan mengalir ke perekonomian negeri uak Sam bulan berikutnya.

Mnuchin dalam wawancara dengan stasiun televisi CNBC mengatakan, dia siap untuk kembali ke Kongres untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk mendukung perekonomian AS. Tapi, dana tambahan untuk sektor-sektor yang paling membutuhkan, termasuk hotel, restoran, perusahaan perjalanan, dan industri hiburan.

Menteri Keuangan, yang menjadi penanggung jawab Pemerintahan Donald Trump untuk menegosiasikan program penyelamatan, menyatakan, ia yakin lonjakan infeksi virus corona di daerah-daerah tertentu bisa pemerintah tangani karena ada perbaikan dalam pengujian dan pelacakan kontak, serta kapasitas rumahsakit yang cukup.

Baca Juga: PHK mereda, pengajuan tunjangan pengangguran di AS mulai turun

"Kami tidak bisa mematikan perekonomian lagi. Saya pikir, kami telah belajar, jika Anda mematikan perekonomian, Anda akan menciptakan lebih banyak kerusakan dan bukan hanya kerusakan ekonomi," katanya seperti dikutip Reuters.

Mnuchin menyebutkan, dari pengeluaran untuk upaya penyelamatan ekonomi dari dampak virus corona sebesar US$ 3 triliun yang Kongres setujui tahun ini, baru sekitar US$ 1,6 triliun yang mengalir ke perekonomian sejauh ini.

"Selama bulan depan, Anda akan melihat lebih dari US $ 1 triliun dipompa ke dalam perekonomian, itu akan memiliki dampak besar," ujar Mnuchin. 

"Program Pinjaman Jalan Utama Federal Reserve untuk bisnis menengah baru saja dimulai dan kami siap untuk kembali ke Kongres guna mendapatkan lebih banyak uang buat mendukung pekerja Amerika," tambahnya.

Baca Juga: Update virus corona: Jumlah kasus positif di Amerika Serikat menembus dua juta orang!

Ditanya, apakah dia mempertimbangkan lebih banyak bantuan untuk negara, Mnuchin mengatakan, akan melakukan negosiasi dengan Kongres.

Seiring perpanjangan pinjaman Program Perlindungan Paycheck menjadi 24 minggu, ia berharap, banyak restoran yang sebelumnya enggan mencari pinjaman akan maju untuk mengambil porsi yang signifikan dari sisa dana program itu.




TERBARU

[X]
×