kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Menteri Rusia tewas saat mencoba menyelamatkan nyawa orang lain


Kamis, 09 September 2021 / 07:00 WIB
Menteri Rusia tewas saat mencoba menyelamatkan nyawa orang lain


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Kementerian Rusia mengumumkan, seorang menteri pemerintah Rusia yang pernah bertugas sebagai bagian keamanan Presiden Vladimir Putin meninggal di Kutub Utara pada Rabu ketika mencoba menyelamatkan nyawa seorang sutradara film yang jatuh ke sungai.

Reuters memberitakan, Yevgeny Zinichev, 55 tahun, sekutu dekat Putin yang mengepalai kementerian darurat tingkat tinggi sejak 2018, berada di kota terpencil Norilsk untuk mengawasi latihan skala besar di wilayah tersebut.

Dia adalah salah satu dari segelintir politisi terkemuka yang memulai karir mereka di dinas keamanan, jalur karir yang serupa dengan yang diambil oleh Putin, yang juga mantan mata-mata KGB.

"Ini adalah kerugian pribadi yang tidak dapat diperbaiki bagi saya," kata Putin dalam telegram belasungkawa yang diterbitkan oleh Kremlin. "Kami telah bekerja bersama selama bertahun-tahun."

Baca Juga: Rusia: Jangan sampai sisa senjata AS di Afghanistan disalahgunakan Taliban

Kementerian Darurat mengatakan dalam sebuah pernyataan Zinichev telah meninggal ketika mencoba menyelamatkan pembuat film Alexander Melnik yang telah melakukan perjalanan ke Norilsk untuk membuat film dokumenter tentang Arktik dan Rute Laut Utara.

Dikatakan Melnik terpeleset di batu basah dan jatuh.

"Yevgeny mencoba meraih Alexander dan melompat mengejarnya, tetapi sayangnya, mereka berdua tewas setelah jatuh dari tebing tinggi ke sungai pegunungan," katanya.

Baca Juga: Rusia Menawarkan Keringanan Pajak Bisnis di Pulau Pasifik, Incar Investor Asing

Tak ada waktu untuk berpikir

Margarita Simonyan, pemimpin redaksi saluran televisi RT milik pemerintah Rusia, berkomentar secara terpisah di Twitter.

"Ada cukup banyak saksi - tidak ada yang punya waktu untuk memikirkan apa yang terjadi ketika Zinichev melemparkan dirinya ke air untuk mencari orang yang jatuh dan menghantam batu yang tampak," katanya.

Sebuah biografi yang dibawa oleh media yang dikelola pemerintah Rusia mengatakan Zinichev lahir di St Petersburg dan bertugas di dinas keamanan negara dari 1987 hingga 2015 dan juga terlibat dalam keamanan untuk Putin.

Dia menjabat sebagai pengawal dan pembantu pribadi pemimpin Rusia, menurut situs berita RBC. Beberapa foto Putin di acara-acara publik selama beberapa tahun menunjukkan Zinichev berdiri di sisi presiden.

Zinichev kemudian menjadi wakil kepala Dinas Keamanan Federal dan menjabat sebentar sebagai penjabat gubernur regional Kaliningrad.

 

Selanjutnya: Putin: Ini adalah hasil nol, jika tidak negatif, kehadiran pasukan AS di Afghanistan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×