kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.065.000 1,04%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Menuju produksi, Moderna siap gabung dengan 3 vaksin corona lain di uji tahap akhir


Jumat, 10 Juli 2020 / 21:13 WIB
Menuju produksi, Moderna siap gabung dengan 3 vaksin corona lain di uji tahap akhir
ILUSTRASI. Botol-botol kecil berlabel stiker Vaksin COVID-19 dan jarum suntik medis dalam ilustrasi ini yang diambil pada 10 April 2020. REUTERS/Dado Ruvic

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MASSACHUSETTS. Moderna telah menyelesaikan uji coba fase kedua dari vaksin corona baru mereka pada Rabu (8/7). Kandidat vaksin bertajuk mRNA-1273 siap melangkah ke fase ketiga atau tahap akhir pada bulan ini.

Dalam uji cova vaksin corona fase kedua, Moderna melibatkan orang dewasa muda yang sehat berusia 18-55 tahun dan orang dewasa yang lebih tua berusia 55 tahun ke atas sebagai sukarelawan.

Di fase kedua, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut mengevaluasi keamanan, reaktivitas, dan imunogenisitas dari dua vaksinasi mRNA-1273 yang mereka berikan selama 28 hari secara terpisah.

Baca Juga: Harapan, tiga vaksin corona termasuk SinoVac sedang uji tahap akhir

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para peserta sukarelawan yang sehat, mitra kami di lokasi uji klinis, dan tim Moderna yang berdedikasi atas dukungan mereka dalam menyelesaikan studi fase dua mRNA-1273, kandidat vaksin kami terhadap Covid-19,” Chief Medical Officer Moderna Tal Zaks dalam sebuah pernyataan, Kamis (9/7), seperti dikutip The Jerusalem Post.

“Kami berkomitmen untuk membantu mengatasi keadaan darurat kesehatan masyarakat yang sedang berlangsung ini dan terus fokus pada penelitian fase ketiga kami, yang masih berada di jalur yang akan dimulai pada Juli, kurang dari tujuh bulan sejak virus corona baru terdeteksi,” ujar dia.

Protokol untuk uji coba fase ketiga sudah Moderna finalisasi, mengikuti umpan balik yang mereka terima dari Badan Pangan dan Obat-Obatan AS (FDA).

Baca Juga: Kembangkan vaksin corona, Novavax dapat hibah US$ 1,6 miliar

Moderna akan bergabung dengan tiga perusahaan lainnya yang sudah melakukan uji coba fase ketiga vaksin virus corona potensial. Mereka bergerak ke tahap akhir dalam perlombaan pengembangan vaksin Covid-19.

Vaksin virus corona eksperimental buatan AstraZeneca, Sinopharm, dan SinoVac adalah kandidat yang sedang melakukan uji coba fase ketiga. Uji coba fase satu dan dua biasanya melakukan tes keamanan suatu vaksin sebelum memasuki tahap tiga yang menguji kemanjurannya.

Ada 19 uji coba vaksin dalam evaluasi klinis dan ratusan lain sedang dikembangkan dan diuji di seluruh dunia untuk menghentikan pandemi Covid-19, yang telah menewaskan ratusan ribu orang dan menghancurkan perekonomian global.



TERBARU

[X]
×