kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45753,89   -6,43   -0.85%
  • EMAS1.006.000 0,00%
  • RD.SAHAM 1.46%
  • RD.CAMPURAN 0.61%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Menurut Bill Gates inilah bahaya besar bagi dunia selain virus corona


Senin, 10 Agustus 2020 / 10:10 WIB
Menurut Bill Gates inilah bahaya besar bagi dunia selain virus corona
ILUSTRASI. Bill Gates sebut ada bahaya besar selain Covid-19, apakah itu?

Reporter: Tiyas Widya Septiana | Editor: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Bahaya pandemi virus corona atau Covid-19 masih terus berlangsung. Kontribusi Bill Gates dalam penanganan pandemi ini sudah tidak diragukan lagi. 

Melalui The Bill and Melinda Gates Foundation, Gates terus mendorong pembuatan vaksin virus corona . Tidak hanya pembuatan vaksin, Bill Gates juga memastikan agar vaksin bisa didistribusikan secara merata dan terjangkau. 


Selain virus corona atau Covid-19, ada hal lain yang harus diwaspadai oleh umat manusia. Dikutip dari blog pribadinya, GatesNotes, Bill Gates mewanti-wanti bahaya yang lebih buruk. 

Perubahan iklim menjadi momok yang akan membawa banyak hal buruk bagi manusia. Hal ini yang dituliskan Bill Gates dalam blog pribadinya. 

Baca juga: Lowongan kerja 2020 sekretaris, staf & manajer di asuransi BUMN Taspen Life

Manusia terbiasa melakukan tindakan pencegahan segera setelah musibah datang. Hal ini terlihat saat pandemi Covid-19 dimana banyak negara segera melakukan tindakan pencegahan. 

Hal ini berbanding terbalik dengan tindakan pencegahan untuk perubahan iklim. Padahal fenomena ini membawa dampak lebih parah bagi manusia. Bill Gates menuliskan jika perubahan iklim bisa terjadi dalam waktu beberapa puluh tahun saja. 

Adanya pandemi virus corona / Covid-19 berkontribusi mengurangi dampak efek rumah kaca. Bill Gates mengatakan jika pandemi berakhir, harus ada tindakan untuk tetap mengurangi efek rumah kaca. 

Dalam tulisannya, Bill Gates menggambarkan perubahan iklim dengan Covid-19 yang berlangsung lebih lama. Dari perumpamaan ini bisa disimpulkan jika kerugian perubahan iklim bisa lebih masif dibanding Covid-19.

Dari kesimpulan ini, Bill Gates mengajak masyarakat untuk lebih aware dengan perubahan iklim. Agar fenomena ini bisa dicegah, Bill Gates mengingatkan agar segera melakukan tindakan dini. 

Menurut Bill Gates, hal-hal berikut yang harus kita lakukan untuk mengatasi perubahan iklim:

  • Mengembangkan teknologi dan inovasi

Di poin ini Bill Gates menekankan adanya inovasi teknologi. Gates menjelaskan harus ada teknologi yang mendukung pencegahan perubahan iklim. 

Inovasi dalam teknologi bisa datang dari berbagai aspek. Adanya inovasi bahan bakar ramah lingkungan, pangan, hingga infrastruktur. Bill Gates menambahkan peran ahli dari berbagai bidang sangat dibutuhkan dalam inovasi ini. 

  • Memastikan semua solusi juga bisa diterapkan di negara-negara miskin

Bill Gates mengkhawatirkan dampak perubahan iklim akan sangat buruh di beberapa negara. Dalam hal ini Bill Gates menyoroti negara-negara miskin. 

Dari pandemi Covid-19, negara-negara miskin mendapatkan dampak yang lebih buruk dibanding negara lain. Selain dari tingginya tingkat kematian, sektor ekonomi juga terkena dampak pandemi ini.

Dampak perubahan iklim tentunya akan lebih parah dibanding Covid-19. Melihat hal ini, Bill Gates mendorong adanya penggunaan bahan bakar ramah lingkungan. Tentunya dengan harga yang terjangkau agar bisa dinikmati semua kalangan. 

Baca juga: Tupperware promo Agustus 2020 spesial kotak bekal makanan, ada diskon 15%

  • Melakukan tindakan sesegera mungkin

"Obat" untuk perubahan iklim tidak langsung bisa ditemukan. Berbeda dengan Covid-19 yang segera memiliki vaksin tahun depan. Perubahan iklim membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk "sembuh".

Sehingga tindakan sedini mungkin akan sangat membantu menanggulangi dampak perubahan iklim. Penggunaan bahan bakar ramah lingkungan menjadi solusi terbaik saat ini. 

Bill Gates terus mengembangkan inovasi guna mencegah perubahan iklim. Gates juga berharap akan ada banyak pihak yang turut serta mencegah perubahan iklim. 



TERBARU

[X]
×