kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Miliarder Rusia Terseret Sanksi dari Sejumlah Negara


Minggu, 13 Maret 2022 / 15:05 WIB
Miliarder Rusia Terseret Sanksi dari Sejumlah Negara


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina tampaknya tak hanya merugikan pemerintahan Rusia yang mendapat sanksi dari banyak negara. Miliarder asal Rusia pun harus terkena getahnya yang akhirnya juga mendapat banyak sanksi dari beberapa negara.

Seperti contoh, pengusaha asal Rusia yang juga merupakan pemilik Chelsea FC Roman Abramovich termasuk dalam tujuh orang yang terkena sanksi dari pemerintahan Inggris terkait pembekuan aset dan larangan bepergian untuk masuk ke wilayah Inggris.

Sanksi baru ini akan membuat asetnya dibekukan dan akan melarang "transaksi dengan individu dan bisnis Inggris", yang berarti rencana penjualan Chelsea FC beberapa pekan sebelumnya akan menemui kendala. 

Tak hanya dari pemerintah Inggris, Abramovich pun juga termasuk lima orang Rusia yang juga mendapat sanksi dari pemerintah Kanada. Selain itu, Kanada juga melarang 32 perusahaan Rusia dan entitas pemerintah menerima peralatan atau pasokan pertahanan dari Kanada.

Baca Juga: Italia Menyita Yacht Milik Miliarder Rusia Melnichenko

“Sanksi terhadap pejabat Rusia dan oligarki seperti Abramovich diarahkan pada mereka sehingga mereka tidak dapat mengambil keuntungan atau manfaat dari kegiatan ekonomi di Kanada atau kerja keras orang Kanada yang bekerja di perusahaan tempat mereka berinvestasi,” kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dikutip dari The Guardian, Minggu (13/3).

Dengan adanya sanksi tersebut, Trudeau pun juga memastikan bahwa hal tersebut tidak akan berdampak pada tenaga kerja Kanada yang melakukan pekerjaan dengan baik di perusahaan di seluruh negeri.

Awal pekan lalu, Kanada juga telah menjatuhkan sanksi pada 10 orang yang dekat dengan kepemimpinan Rusia atas invasi Moskow ke Ukraina. Kanada dan sekutunya akan tetap bersatu dalam keyakinan mereka bahwa presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat kesalahan besar dan akhirnya akan kalah.

“Tidak ada kemenangan dalam hal ini untuknya," imbuh Trudeau.

Baca Juga: Dukung Ekonomi, Rusia Masukkan Perusahaan Elektronik Sebagai Sektor Penting

Tak mau kalah, pemerintah Italia pun turut ambil bagian dalam pemberian sanksi kepada miliarder asal Rusia. Polisi Italia telah menyita villa dan kapal pesiar sejak pekan lalu senilai lebih dari 700 juta euro atau setara US$ 763,63 juta dari orang-orang terkenal Rusia yang telah dimasukkan dalam daftar sanksi Uni Eropa.

Terbaru, mereka telah menyita superyacht milik miliarder Rusia Andrey Igorevich Melnichenko, yang setinggi 143 meter yang dibanderol dengan harga 530 juta euro atau setara US$ 578 juta dan telah diasingkan di pelabuhan utara Trieste.




TERBARU

[X]
×