kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Militer Myanmar menutup akses internet saat ribuan warga memprotes kudeta


Sabtu, 06 Februari 2021 / 15:25 WIB
Militer Myanmar menutup akses internet saat ribuan warga memprotes kudeta
ILUSTRASI. Tentara Myanmar. REUTERS/Stringer


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Junta Myanmar memblokir jaringan internet di negara itu pada hari Sabtu ketika ribuan orang turun ke jalan-jalan di Yangon untuk mengecam kudeta dan menuntut pembebasan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi.

Dalam demonstrasi pertama sejak para jenderal merebut kekuasaan pada hari Senin, para aktivis meneriakkan, “Diktator militer, gagal, gagal; Demokrasi, menang, menang ”dan menggelar spanduk bertuliskan“ Melawan Kediktatoran Militer ”.

Banyak di antara kerumunan itu mengenakan pakaian merah, warna Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Suu Kyi yang menang telak pada pemilihan 8 November, akibatnya para jenderal menolak mengakui klaim penipuan. Ketika protes membengkak dan para aktivis mengeluarkan seruan di media sosial agar orang-orang bergabung dalam pawai, internet negara itu lumpuh.

Baca Juga: Setelah Facebook, militer Myanmar blokir Twitter dan Instagram

Kelompok pemantau NetBlocks Internet Observatory melaporkan "pemadaman internet skala nasional", mengatakan di Twitter bahwa konektivitas telah turun ke 54% dari tingkat biasa. Para saksi melaporkan penutupan layanan data seluler dan wifi.

Junta tidak menanggapi permintaan komentar. Ini telah mencoba untuk membungkam perbedaan pendapat dengan memblokir sementara Facebook dan memperluas tindakan keras media sosial ke Twitter dan Instagram pada hari Sabtu.

Perusahaan telepon seluler Norwegia Telenor Asa mengatakan pihak berwenang telah memerintahkan penyedia internet untuk menolak akses ke Twitter dan Instagram "sampai pemberitahuan lebih lanjut".

Banyak yang menghindari larangan situs seperti Facebook dengan menggunakan jaringan pribadi virtual untuk menyembunyikan lokasi mereka, tetapi gangguan yang lebih umum pada layanan data seluler akan sangat membatasi akses ke berita dan informasi independen.

“Internet sudah down tapi kami tidak akan berhenti meninggikan suara kami,” tulis seorang pengguna Twitter. “Mari berjuang dengan damai untuk demokrasi dan kebebasan. Mari berjuang sampai menit terakhir untuk masa depan kita. "

Selanjutnya: Terkait Myanmar, Jokowi ingatkan agar anggota hormati prinsip-prinsip piagam ASEAN




TERBARU

[X]
×