kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Misteri Matthew Brown, Calon Investor Penyelamat Virgin Orbit yang Hendak Bangkrut


Minggu, 09 April 2023 / 01:54 WIB
Misteri Matthew Brown, Calon Investor Penyelamat Virgin Orbit yang Hendak Bangkrut
ILUSTRASI. A replica model of Virgin Orbit's LauncherOne rocket sits in a media area ahead of UK's First launch at Newquay Airport in Newquay, Britain, January 8, 2023. REUTERS/Henry Nicholls


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virgin Orbit, salah satu perusahaan peluncuran satelit milik miliarder Inggris Richard Branson, mengalami nasib buruk ketika perusahaan tersebut mengajukan kepailitan pada awal April 2023. 

Namun, seorang investor yang kurang dikenal bernama Matthew Brown muncul menawarkan penyelamatan sebesar US$ 200 juta kepada Virgin Orbit, sehingga memberikan harapan baru bagi perusahaan tersebut.

Menurut dokumen terkait dan pertukaran email yang dibaca oleh kantor berita Reuters dan tiga orang yang mengetahui dan ikut berdiskusi membahas dokumen tersebut menceritakan, dalam dua hari setelah dihubungi oleh Brown, Kepala Eksekutif Virgin Orbit, Dan Hart, telah mendapatkan dukungan dewan untuk membuat kesepakatan awal dengan investor berusia 33 tahun yang berbasis di Texas tersebut.

Dalam email yang ditujukan kepada Brown pada tanggal 21 Maret, - yang dilihat oleh Kantor Berita Reuters - Hart menyatakan, "Kami telah mengadakan rapat dewan pagi ini dengan kesepakatan untuk bergerak maju, jadi saya sekarang memiliki dukungan yang saya butuhkan."

Namun, kesepakatan tersebut tidak terlaksana. Virgin Orbit memutuskan kontak dan mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap Brown, jika dia mengungkapkan detail rahasia tentang investasi potensial ke Virgin Orbit. 

Surat gencatan dan penghentian yang ditinjau oleh Reuters dan ketiga orang yang mengetahui diskusi tersebut, menyatakan bahwa jika Brown melanggar perjanjian non-disclosure, sehingga Virgin Orbit  akan mengambil tindakan hukum terhadapnya.

Perincian kesepakatan yang sebelumnya tidak dilaporkan ini memberikan jendela ke perebutan Virgin Orbit yang gagal untuk menghindari kebangkrutan. 

Perusahaan tersebut bernilai US$ 3,8 miliar pada akhir 2022 dan tercatat memiliki kien terbesar yakni militer Amerika Serikat. 

Virgin Group, yang memiliki 75% saham Virgin Orbit, memberikan pembiayaan kepada perusahaan tersebut saat perusahaan peluncuran satelit mencari pembeli yang bangkrut.

Namun, ketika perusahaan memutuskan kontak dengan Brown pada tanggal 25 Maret, terungkap masalah kredibilitas Brown, kata ketiga orang tersebut. 

Seseorang mengatakan para eksekutif menemukan bukti yang bertentangan dengan perincian yang diberikan Brown tentang latar belakangnya.

Hal ini juga terkait dengan wawancara yang Brown berikan di CNBC pada tanggal 23 Maret, ketika dia mengatakan sedang dalam "diskusi terakhir" untuk menutup investasi $200 juta di Virgin Orbit dalam waktu 24 jam. 

Surat dari seorang pengacara untuk perusahaan tersebut menyatakan bahwa Brown telah melebih-lebihkan sifat pembicaraan dan melanggar perjanjian non-disclosure dengan Virgin Orbit.

Harga saham Virgin Orbit melambung lebih dari 60% sehari setelah penampilan Brown di CNBC. Wawancara TV ini mengikuti laporan dari Reuters yang mengatakan bahwa Brown mendekati kesepakatan untuk investasi yang diusulkan di perusahaan, mengutip term sheet yang ditandatangani oleh Hart.

Hart, mantan veteran Boeing enggan menanggapi permintaan komentar Reuters atas pembicaraan dengan Brown. Virgin Group, yang memiliki 75% Virgin Orbit, juga menolak berkomentar untuk berita ini. Grup tersebut memberikan pembiayaan kepada Virgin Orbit saat perusahaan peluncuran satelit mencari pembeli yang bangkrut.

Sementara, dalam wawancara dengan Reuters seminggu terakhir, Brown menepis tuduhan bahwa dia salah mengartikan dirinya sendiri. Dia mengatakan Virgin Orbit belum memberikan informasi yang dia inginkan sebelum dia merasa nyaman mentransfer $200 juta ke rekening escrow sebagaimana kesepakatan. 

Brown tidak memperinci apa saja informasi yang dia cari dari Virgin Orbit, dan Reuters juga tidak dapat memverifikasi pernyataannya tersebut secara independen. "Saya benar-benar, 100%, punya uang," tambah Brown.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×