Mizuho Dikabarkan Bakal Akuisisi 20% Saham Rakuten Securities

Kamis, 06 Oktober 2022 | 10:35 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Mizuho Dikabarkan Bakal Akuisisi 20% Saham Rakuten Securities

ILUSTRASI. Mizuho sedang dalam proses akuisisi 20% saham Rakuten Securities


KONTAN.CO.ID - TOKYO. Kabar Mizuho Financial Group Inc. yang sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi Rakuten Securities Inc. membuat saham raksasa e-commerce itu melonjak paling tinggi dalam lebih dari empat bulan.

Mengutip Bloomberg (6/10), Saham Rakuten melesat 9,5% pada Kamis (6/10) pagi di Tokyo, kenaikan intraday terbesar sejak 13 Mei. Kenaikan ini memangkas penurunan saham Rakuten di tahun ini menjadi 39%.

Sementara itu, saham Mizuho, yang merupakan bank terbesar ketiga di Jepang, naik 0,2% pada saat yang bersamaan..

Unit pialang Mizuho kabarnya membeli 20% saham di Rakuten Securities Inc. seharga sekitar 80 miliar yen atau setara US$ 554 juta. Bahkan, santer disebutkan kesepakatan bisa datang pada akhir minggu ini.

Pembelian saham dengan ukuran dan harga yang dilaporkan dapat meningkatkan nilai suku cadang Rakuten Securities sebesar 8% menjadi sekitar 4,2 triliun yen, menurut analis Bloomberg Intelligence termasuk Marvin Lo dan Shin Tamura.

Baca Juga: Sekuritas di Jepang bebaskan biaya transaksi saham untuk investor berusia 18-25 tahun

Harga tersebut menyiratkan rasio harga terhadap buku yang "besar" hampir tiga kali lipat, dibandingkan 1,2 kali untuk saingannya Monex Group Inc., tulis mereka dalam sebuah catatan.

Sebagai informasi, Rakuten dimiliki oleh miliarder Hiroshi Mikitani dan tengah berjuang sejak membuat dorongan besar ke pasar ponsel Jepang yang jenuh untuk bersaing dengan NTT Docomo Inc., KDDI Corp. dan SoftBank Corp. Kerugian operasional kuartalan grup melebar dari tahun lalu, dan S&P Global Ratings bulan lalu memberi itu prospek kredit negatif.

Rakuten mengatakan pada bulan Mei bahwa mereka sedang mempersiapkan daftar untuk unit sekuritasnya karena raksasa e-commerce itu mendiversifikasi bisnisnya. Tidak jelas apa arti pembelian saham Mizuho untuk penawaran umum perdana, yang belum dijadwalkan.

Di sisi lain, kondisi IPO sedang memburuk tahun ini karena investor ketakutan oleh kemerosotan pasar saham global. Rakuten juga berencana untuk mendaftarkan unit perbankannya, dan memilih Goldman Sachs Group Inc. dan Daiwa Securities Group Inc. sebagai manajer utama untuk penawaran bulan lalu.

Sementara itu, langkah Mizuho mengikuti bank besar Jepang lainnya yang telah berjuang untuk membangun skala dalam bisnis sekuritas online mereka dan bersaing dengan para pemimpin industri seperti SBI Holdings Inc. dan Rakuten.

Contohnya, Sumitomo Mitsui Financial Group Inc. pada bulan Juni setuju untuk mengambil 10% saham di SBI, broker online terbesar di negara itu.

 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru