kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,06   1,72   0.19%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moody's: Di Asia, ekonomi Jepang dan Singapura paling terpuruk akibat pandemi corona


Selasa, 28 April 2020 / 07:18 WIB
Moody's: Di Asia, ekonomi Jepang dan Singapura paling terpuruk akibat pandemi corona
ILUSTRASI. Suasana sepi kota Singapura akibat kebijakan penguncian. REUTERS/Edgar Su


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Di Asia, ekonomi Jepang dan Singapura terpuruk paling dalam akibat pandemi virus corona. Prediksi ini diungkapkan oleh ekonom Moody's Analytics pada Senin (27/4/2020).

Menurut Steve Cochrane, kepala ekonom Moody's Asia Pasifik, kedua negara sudah lemah sebelum wabah memburuk dalam sebulan terakhir. Tindakan penguncian yang lebih ketat yang diberlakukan untuk menahan penyebaran virus kemungkinan akan memperburuk masalah ekonomi mereka masing-masing.

Melansir CNBC, data resmi terbaru di Jepang menunjukkan ekonomi menyusut sebesar 6,3% dari tahun ke tahun dalam tiga bulan hingga Desember. Sementara, perkiraan awal di Singapura menunjukkan bahwa ekonomi mengalami kontraksi 2,2% pada kuartal yang berakhir pada Maret.

Baca Juga: Moody's pangkas proyeksi PDB Afrika Selatan jadi kontraksi 6,5% di tahun fiskal 2020

“Jepang sudah masuk ke jurang resesi; kuartal pertama untuk Singapura sangat lemah, saya pikir kuartal ini akan lebih sulit bagi Singapura mengingat kebijakan penguncian," kata Cochrane kepada CNBC.

Dia menambahkan, “Ada potensi di Jepang, jika virus corona menyebar lebih jauh, mungkin ada lebih banyak penguncian lebih luas lagi daripada jenis penguncian lunak yang diberlakukan di Jepang saat ini,” tambahnya.

Baca Juga: Krisis global diprediksi pulih pada semester I-2021, bagaimana nasib pasar saham?

Lonjakan kasus baru

Menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins, kedua negara telah melaporkan lebih dari 13.000 kasus infeksi. Ini merupakan yang tertinggi di Asia.

Tetapi tidak seperti China yang berhasil mengendalikan wabah dalam beberapa pekan terakhir, Jepang dan Singapura mengalami lonjakan kasus baru Covid-19.

Baca Juga: Moody's: Tren kredit korporasi Asia Pasifik negatif tahun ini karena pandemi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×