kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Morgan Stanley bersiap akuisisi E*Trade senilai US$ 13 miliar


Jumat, 21 Februari 2020 / 17:27 WIB
Morgan Stanley bersiap akuisisi E*Trade senilai US$ 13 miliar
ILUSTRASI. Logo Morgan Stanley.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Morgan Stanley semakin agresif mengembangkan bisnis. Mengutip Reuters, Jumat (21/2), bank investasi itu akan membeli perusahaan broker diskon E*Trade Financial Corp.

Tak tanggung-tanggung nilai kesepakatan aksi itu sekitar US$ 13 miliar. Nilai itu akan menjadi akuisisi terbesar oleh bank Wall Street sejak krisis keuangan 2008-2009.

Langkah ini akan menambah luasnya unit manajemen kekayaan Morgan Stanley. Tentunya bisnis yang coba dibangun oleh Chief Executive Officer James Gorman untuk menahan pelemahan kinerja bank di bisnis perdagangan dan investasi.

Baca Juga: Morgan Stanley's Gorman charts ambitious course with US$ 13 billion E*Trade deal

Sederet saingan Morgan Stanley juga telah melakukan aksi perluasan bisnis. Goldman Sachs Group Inc misalnya telah maju dengan bank ritel yang baru. 
Sementara saingan lain termasuk Bank of America Corp dan UBS berusaha untuk fokus pada pinjaman dasar dan layanan manajemen kekayaan.

"Penambahan produk E*Trade dan merek ikonik akan berfungsi sebagai lompatan ke depan bagi bank,” kata Gorman.

Kesepakatan itu mencerminkan suasana peraturan yang lebih santai di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, yang telah membantu melepaskan pengambilalihan tiket besar lainnya di sektor keuangan.

Bank-bank besar telah berani melakukan kesepakatan yang akan menyulitkan para raksasa Wall Street pasca pemerintahan Presiden Barack Obama.

Pada bulan Maret tahun lalu, bank regional A. Fifth Third Bancorp mendapat persetujuan dari regulator untuk pembelian MB Financial Inc senilai US$ 4,7 miliar. Aksi ekspansi bank lainnya diikuti oleh persetujuan untuk merger BB&T Corp dan SunTrust senilai US$ 28 miliar.

"Kami percaya regulator federal kemungkinan akan menyetujui akuisisi Morgan untuk Perdagangan E*Trade meskipun tinjauan tersebut bisa memakan waktu lebih lama dari yang disadari. Lantaran kami mengharapkan Federal Reserve untuk melakukan tinjauan risiko sistemik," kata Jaret Seiberg dari Cowen Washington Research Group.




TERBARU

Close [X]
×