kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Muhyiddin Yassin resmi mundur dari jabatan perdana menteri Malaysia


Selasa, 17 Agustus 2021 / 06:35 WIB
Muhyiddin Yassin resmi mundur dari jabatan perdana menteri Malaysia
ILUSTRASI. Muhyiddin Yassin. REUTERS/Lim Huey Teng/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Muhyiddin Yassin resmi mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri Malaysia pada Senin (16/8) setelah kekacauan politik berbulan-bulan memuncak dengan hilangnya mayoritasnya. Tetapi pengunduran dirinya kemungkinan akan membuka babak ketidakstabilan lain tanpa ada pengganti yang jelas.

Mengutip Reuters, Senin (16/8), pengunduran diri Muhyiddin mengakhiri 17 bulan yang penuh gejolak di kantor, tugas terpendek dari seorang pemimpin Malaysia, tetapi menghambat upaya untuk memulai kembali ekonomi yang dilanda pandemi Covid-19.

Raja Malaysia menunjuk Muhyiddin sebagai perdana menteri sementara sampai yang baru ditemukan, tetapi tidak menetapkan batas waktu.

Raja Al-Sultan Abdullah mengesampingkan pemilihan karena pandemi, dengan mengatakan dia akan menggunakan kekuatan konstitusionalnya untuk menunjuk seorang perdana menteri yang dia yakini kemungkinan akan memimpin mayoritas.

Mata uang ringgit Malaysia jatuh ke level terendah satu tahun di tengah berita dan pasar saham tergelincir.

Baca Juga: Muhyiddin Yassin mundur, ini Perdana Menteri sementara Malaysia

Muhyiddin mengatakan dia mengundurkan diri bersama kabinetnya setelah kehilangan dukungan mayoritas di parlemen. Sebagai juru kunci, tambahnya, dia tidak akan memiliki kabinet, tetapi akan menjalankan fungsi eksekutif dan memberi nasihat kepada raja sampai perdana menteri baru ditunjuk.

"Saya berharap pemerintahan baru dapat segera dibentuk agar pemerintahan negara ini tidak terganggu," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

“Dua bulan ke depan sangat penting, karena kami berharap untuk mencapai kekebalan kawanan pada Oktober,” tambah Muhyiddin.

Infeksi dan kematian per juta Malaysia menempati peringkat tertinggi di kawasan itu dalam pandemi.

Tidak jelas siapa yang dapat membentuk pemerintahan berikutnya, karena tidak ada anggota parlemen yang memiliki mayoritas yang jelas di parlemen. Blok oposisi dan partai terbesar terpecah karena dukungan untuk calon perdana menteri mereka.

"Tidak ada pengganti yang jelas, yang meningkatkan ketidakpastian lebih lanjut, dan itu berarti lebih banyak stagnasi ekonomi," kata Trinh Nguyen, seorang ekonom senior di Natixis di Hong Kong,

Ia menambahkan bahwa ketidakpastian politik telah menjadi normal baru di Malaysia.

Bank sentral memangkas prospek 2021 pekan lalu karena kebangkitan penyakit dan perpanjangan penguncian.

Pengunduran diri Muhyiddin kemungkinan akan mengembalikan jabatan itu ke Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), 'partai tua besar' Malaysia, yang terpilih dalam pemilihan 2018 setelah ternoda oleh tuduhan korupsi, meskipun tetap berpengaruh.

Tidak jelas apakah perdana menteri baru dapat segera dipilih, kata Nik Ahmad Kamal Nik Mahmod, pakar hukum di Universitas Islam Internasional Malaysia.

“Saat ini tidak ada yang bisa menguasai mayoritas, jadi mereka sekarang saling memaksa untuk mendukung calon yang mereka ajukan,” katanya.

Pesaing utama untuk menjadi perdana menteri termasuk wakil Muhyiddin Ismail Sabri Yaakob, anggota parlemen veteran Tengku Razaleigh Hamzah dan mantan menteri luar negeri Hishammuddin Hussein, semuanya dari UMNO.

Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim juga bisa mengajukan klaim.

Cengkeraman Muhyiddin pada kekuasaan telah genting sejak ia menjabat dengan mayoritas tipis pada Maret 2020, diangkat oleh raja setelah bergandengan tangan dengan partai-partai yang kalah dalam pemilihan 2018, termasuk UMNO.

Tapi dia telah dilanda pertikaian koalisi karena ketegangan dengan UMNO, dan baru-baru ini menarik dukungannya untuknya. Upaya terakhir untuk mendapatkan dukungan oposisi gagal.

Muhyiddin mengatakan krisis baru-baru ini disebabkan oleh penolakannya terhadap tuntutan seperti menjatuhkan tuduhan korupsi terhadap beberapa individu.

"Saya tidak akan pernah berkonspirasi dengan kelompok kleptokrat, mengganggu independensi peradilan dan membelakangi konstitusi federal hanya untuk tetap berkuasa," katanya dalam pidato Senin.

Politisi UMNO menghadapi tuduhan korupsi termasuk mantan perdana menteri Najib Razak dan presiden partai Ahmad Zahid Hamidi. Mereka telah membantah melakukan kesalahan dan termasuk di antara mereka yang menarik dukungan untuk Muhyiddin bulan ini.

Selanjutnya: Menteri Sains Malaysia ungkap kabinet PM Muhyiddin telah ajukan pengunduran diri




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×