kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,40   -2,80   -0.32%
  • EMAS1.360.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Narendra Modi Akan Menyampaikan Kesepakatan Koalisi


Jumat, 07 Juni 2024 / 15:11 WIB
Narendra Modi Akan Menyampaikan Kesepakatan Koalisi
ILUSTRASI. Perdana Menteri India Narendra Modi diperkirakan akan mempresentasikan kesepakatan koalisi. ANTARA FOTO/MEDIA CENTER KTT ASEAN 2023/M Agung Rajasa/pras.


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Perdana Menteri India Narendra Modi diperkirakan akan mempresentasikan kesepakatan koalisi kepada Presiden pada hari Jumat (7 Juni), setelah pemilihan umum yang berlangsung sangat ketat dan tak terduga memaksa partainya bergantung pada sekutu-sekutunya untuk mempertahankan kekuasaannya.

Partai Bharatiya Janata (BJP) yang beraliran nasionalis Hindu yang dipimpin oleh Modi telah berkuasa selama satu dekade terakhir, namun gagal mengulangi dua kemenangan telak sebelumnya, bertentangan dengan ekspektasi para analis dan jajak pendapat.

Partai ini dipaksa melakukan pembicaraan cepat dengan koalisi beranggotakan 15 partai yang sepakat untuk memberikan jumlah kursi yang cukup di parlemen untuk memerintah.

Modi diperkirakan akan mengunjungi Presiden Droupadi Murmu bersama para pemimpin partai-partai sekutunya pada hari Jumat untuk meminta persetujuan resmi untuk membentuk pemerintahan berikutnya, lapor kantor berita Press Trust of India.

Baca Juga: Perdana Menteri Narendra Modi Menang di Pemilu India

Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang mendukung ambisi masa jabatan ketiga Modi "dengan suara bulat" memilih perdana menteri berusia 73 tahun ini sebagai pemimpin pada hari Rabu.

Aliansi ini memiliki 293 kursi di parlemen, memberi mereka kendali atas 543 kursi di parlemen.

Partai Modi belum mengungkapkan konsesi apa yang diberikan kepada anggota aliansi untuk mendapatkan dukungan mereka, tetapi beberapa partai besar sedang mencari portofolio menteri.

Indian Express melaporkan pada hari Jumat bahwa Partai Telugu Desam (TDP) dari negara bagian selatan Andhra Pradesh, sekutu BJP terbesar dengan 16 kursi akan mendesak untuk menghidupkan kembali rencana membangun ibu kota legislatif negara bagian yang baru.

Sementara itu, sekutu terbesar kedua BJP, partai Janata Dal (United) dari negara bagian Bihar, sedang mengupayakan peninjauan kembali skema perekrutan tentara yang kontroversial yang diperkenalkan oleh pemerintah pada tahun 2022 untuk memangkas pengeluaran militer.

Ketergantungan baru Modi pada "ladang ranjau politik koalisi" berarti ia menghadapi prospek masa jabatan ketiga yang jauh lebih sulit dari yang diperkirakan, Hindustan Times memperingatkan dalam editorialnya pada hari Kamis.

Laporan-laporan media India mengatakan bahwa Modi kemungkinan besar akan dilantik sebagai perdana menteri pada hari Minggu.

Baca Juga: Modi Menang, Pasar Saham Bergejolak

Para pemimpin regional termasuk Sheikh Hasina dari Bangladesh dan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe telah mengatakan bahwa mereka akan menghadiri upacara tersebut.

Modi bersikeras pada hari Selasa bahwa hasil pemilihan umum merupakan sebuah kemenangan yang memastikan bahwa ia akan melanjutkan agendanya.

"Masa jabatan ketiga kami akan menjadi salah satu keputusan besar dan negara ini akan menulis babak baru dalam pembangunan," kata Modi kepada kerumunan pendukungnya di ibukota New Delhi setelah kemenangannya.

Para pengamat dan exit polls telah memproyeksikan kemenangan besar bagi Modi, yang dituduh oleh para kritikus sebagai pemimpin yang memenjarakan para tokoh oposisi dan menginjak-injak hak-hak komunitas Muslim yang berjumlah lebih dari 200 juta orang di India.

Namun BJP mendapatkan 240 kursi di parlemen, turun dari 303 kursi yang dimenangkannya lima tahun lalu dan kurang 32 kursi lagi untuk menjadi mayoritas.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×