kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

NASA luncurkan pesawat ruang angkasa untuk menendang asteroid yang menuju bumi


Rabu, 24 November 2021 / 14:35 WIB
NASA luncurkan pesawat ruang angkasa untuk menendang asteroid yang menuju bumi
ILUSTRASI. NASA. Photographer: Andrew Harrer/Bloomberg


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Misi pesawat luar angkasa NASA untuk melindungi bumi dari hantaman batu luar angkasa raksasa yang berpotesi memusnahkan kehidupan di Bumi diluncurkan pada Selasa (23 November) dari California.

Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tetapi DART (Double Asteroid Redirection Test) adalah eksperimen pembuktian konsep yang nyata, yang diluncurkan pada pukul 22.21 Waktu Pasifik pada hari Selasa di atas roket SpaceX dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg.

"Asteroid Dimorphos: Kami datang untukmu!" NASA tweeted setelah peluncuran.

Tujuannya adalah untuk sedikit mengubah lintasan Dimorphos, sebuah "bulan kecil" dengan lebar sekitar 160m (atau dua Patung Liberty) yang mengelilingi asteroid yang jauh lebih besar yang disebut Didymos (diameter 760m). Pasangan ini mengorbit Matahari bersama-sama.

Baca Juga: Inilah fenomena astronomi yang terjadi sepanjang pekan terakhir November 2021

Dampaknya akan terjadi pada musim gugur 2022, ketika sistem asteroid biner berjarak 11 juta km dari Bumi, hampir titik terdekat yang pernah mereka dapatkan. "Apa yang kami coba pelajari adalah bagaimana menangkis ancaman," kata ilmuwan top NASA Thomas Zuburchen tentang proyek senilai US$3 30 juta.

Untuk lebih jelasnya, asteroid yang dimaksud tidak menimbulkan ancaman bagi planet kita. Tapi mereka termasuk dalam kelas benda yang dikenal sebagai Near-Earth Objects (NEOs), yang mendekat dalam jarak 30 juta mil.

Baca Juga: Menakjubkan! NASA pamerkan potret terbaru planet Jupiter, Saturnus, Uranus & Neptunus

Kantor Koordinasi Pertahanan Planet NASA paling tertarik pada yang berukuran lebih besar dari 140m, yang memiliki potensi untuk meratakan seluruh kota atau wilayah dengan energi berkali-kali lipat dari bom nuklir rata-rata.

Ada 10.000 asteroid dekat Bumi yang diketahui berukuran 140m atau lebih besar, tetapi tidak ada yang memiliki peluang signifikan untuk menabrak dalam 100 tahun ke depan. Satu peringatan utama: Para ilmuwan berpikir masih ada 15.000 objek seperti itu yang menunggu untuk ditemukan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×