kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Netflix perkuat pasar Asia Tenggara, Indonesia jadi ajang persaingan bisnis streaming


Senin, 17 Agustus 2020 / 15:30 WIB
Netflix perkuat pasar Asia Tenggara, Indonesia jadi ajang persaingan bisnis streaming
ILUSTRASI. Logo Netflix


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Raksasa streaming asal Amerika Serikat, Netflix meningkatkan rencana langganan khusus selulernya di Asia Tenggara dan memperluas konten lokal, menurut eksekutif senior kepada Reuters.

Mengutip Reuters, Senin (17/8), Netflix mengatakan bahwa lebih dari satu juta dari hampir 200 juta pelanggannya di seluruh dunia berada di Asia Tenggara, yang berpenduduk sekitar 655 juta orang. 

Tetapi pasar sedang matang untuk pertumbuhan yang cepat, kata para analis, dengan peluncuran Disney + Hotstar di Indonesia bulan depan akan menjadi medan pertempuran utama.

Baca Juga: Netflix tools up in SE Asia as Disney+ Indonesia launch for streaming battle

“Apa yang kami lihat di Asia Tenggara adalah bahwa ini adalah pasar yang sangat berpusat pada seluler”, kata direktur Netflix untuk inovasi produk Ajay Arora kepada Reuters dalam wawancara baru-baru ini. 

Menurut Arora, hal itu membuat perusahaan mendorong paket seluler yang lebih murah dan menyesuaikan produknya agar sesuai dengan smartphone kelas bawah.

Asia Tenggara diperkirakan telah menghasilkan pendapatan US$ 600 juta dari musik dan video berlangganan secara keseluruhan pada tahun 2019, menurut sebuah studi oleh Google, Temasek Holdings dan Bain & Co - tetapi itu akan melambung menjadi US$ 3 miliar secara tahunan pada tahun 2025, kata studi tersebut.

Dimulai dengan India pada Agustus 2019, Netflix kini telah meluncurkan paket khusus seluler di Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia - semuanya dengan harga di bawah US$ 5 per bulan. 

Itu adalah keberangkatan Netflix, yang telah memegang teguh harga di pasar Barat.

Penguncian akibat virus corona yang berulang di seluruh Asia Tenggara juga telah meningkatkan minat untuk streaming konten di rumah di seluruh wilayah.

Seorang juru bicara Netflix mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan tersebut "memiliki lebih dari 1 juta pelanggan di beberapa negara Asia Tenggara", tetapi menolak untuk memberikan rinciannya.

Consultancy Media Partners Asia memperkirakan pelanggan layanan streaming video Asia Tenggara akan mencapai 14,7 juta secara keseluruhan pada akhir tahun 2020.

Eksekutif Netflix Arora mengatakan perusahaannya juga sedang berupaya untuk memperluas opsi pembayarannya di negara-negara dengan penetrasi kartu kredit dan debit yang rendah. 

Di pasar seperti Filipina, pelanggan dapat membayar Netflix melalui paket telepon seluler mereka, atau dengan membeli kartu Netflix prabayar di toko serba ada.

Perusahaan menghadapi persaingan di kawasan ini tidak hanya dari Disney +. Saingan regional lainnya termasuk layanan video Hong Kong Viu, yang populer dengan drama Korea, serta raksasa teknologi Tiongkok Tencent's WeTV, yang pada bulan Juni membeli aset platform streaming Malaysia, Iflix.

Disney + saat ini sedang melakukan perekrutan di seluruh wilayah dan diperkirakan akan diluncurkan secara luas dalam beberapa bulan mendatang bersama dengan platform streaming India Hotstar. Film keluarga dan pahlawan super Disney telah terbukti sukses secara konsisten di Asia Tenggara.

Baca Juga: 2 film Netflix terbaru Dian Sastro dan Nicholas Saputra tayang tanggal 17 Agustus ini

Di Indonesia, negara terpadat keempat di dunia dengan penduduk 270 juta orang, Disney + mengatakan pekan lalu akan mulai beroperasi pada September bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi milik negara Telkomsel dengan katalog yang akan mencakup lebih dari 300 film lokal.

Bersiap untuk tantangan tersebut, pimpinan konten Netflix Asia Tenggara Myleeta Aga mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan, yang mengumumkan dua produksi asli Indonesia baru awal Kamis lalu, sangat mementingkan wilayah tersebut dan akan terus meningkatkan penawaran konten lokal. 
Dia mengatakan Netflix berharap dapat memulai proyek syuting di Indonesia dan Thailand segera.
 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×