kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nintendo 3DS mulai dipasarkan di Jepang


Sabtu, 26 Februari 2011 / 15:04 WIB
Nintendo 3DS mulai dipasarkan di Jepang
ILUSTRASI.


Reporter: Edy Can, Bloomberg | Editor: Edy Can

TOKYO. Sekitar 2.000 orang antre di toko Yodobashi Camera di kawasan Akihara, Tokyo pada Sabut (26/2). Antrean ini menandai penjualan perdana konsol game Nintendo 3DS di Jepang.

Para pembeli ini bahkan sudah antre sejak pukul 22.00 waktu setempat sejak kemarin untuk menjadi orang pertama yang memiliki Nintendo 3DS tersebut. Sembari menunggu mereka memainkan game dari Sony Plastation Portables, iPhone dan iPad.

"Sebelumnya saya sudah punya DS dan PSP, tetapi tampilan grafis 3DS sangat hidup dan begitu dalam, sehingga saya ingin membelinya," kata Sachiyo Suma, seorang insinyur yang sudah mengantre sejak pukul 07.40. "Saya sudah tidak sabar ingin pulang dan memainkannya."

Penjualan Nintendo 3DS di Jepang akan menjadi indikator apakah konsumen menyukai game 3DS atau tidak. Jika penjualan ini berhasil maka Nintendo akan mengulang sukses penjualan konsol game sebelumnya yakni DS yang terjual 144 juta unit di seluruh dunia.

Setelah di Jepang, Nintendo Co. berencana menjual Nintendo 3DS ke Amerika pada 27 Maret mendatang. Untuk Eropa, penjualan dilakukan pada dua hari lebih cepat ketimbang di Amerika Serikat.

Nintendo berharap penjualan Nintendo 3DS ini bisa menambah keuntungannya yang tergerus oleh penjualan iPhone dan Playstation Portable milik Sony. Asal tahu saja, kinerja Nintendo sedang terpuruk. Bulan lalu, Nintendo mengumumkan laba bersihnya selama sembilan bulan turun 74% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi US$ 607 juta. "Saya berharap penjualan itu bisa laku," kata analis MF Globalk FXA Securities. "Ini akan menjdi pilar Nintendo untuk lima tahun ke depan."

Presiden Nintendo Satoru Iwata mengungkapkan telah mengirimkan 4 juta unit Nintendo 3DS pada bulan lalu. Dia memperkirakan Nintendo 3DS ini akan menjadi bintang di Amerika Serikat.

Nintendo 3DS memungkikan penggunanya melihat imej tiga dimensi tanpa kaca mata khusus. Setiap unitnya dilepas dengan harga sebesar US$ 250. Untuk debut pertamanya, Nintendo menggandeng beberapa perusahaan pembuat game diantaranya Capcom Co yang mengeluarkan Street Fighter IV 3D dan Konami Corp yang terkenal dengan permainan sepakbola Winning Eleven 3D .




TERBARU

[X]
×