Sumber: AP | Editor: Markus Sumartomjon
TOKYO. Setelah mengambil alih Sanyo Electric Co akhir tahun lalu , Panasonic Corp jadi leluasa mengembangkan beragam produk elektronik. Pasalnya, kedua perusahaan elektronik asal Jepang ini punya ciri khas yang lain daripada yang lain.
Selama ini, Panasonic lebih banyak dikenal sebagai produsen perlengkapan rumah tangga yang punya jaringan pemasaran yang luas. Adapun Sanyo dikenal sebagai produsen pompa dan panel tenaga surya yang cukup disegani.
Tahu akan kelebihan Sanyo, Panasonic pun berencana segera membuat produk berbasis teknologi yang hemat energi mulai Juli nanti. Seperti membuat baterai yang bisa diisi ulang, pendingin dan pemanas ruangan, alat pengaman, dan gadget berbasis tenaga panel surya. Tapi, produk tersebut bakal dirilis khusus di Jepang saja. “Kami ingin membuat produk dari kombinasi teknologi kedua merek ini,” kata Executive Vice President Panasonic, Toshihiro Sakamoto.
Munculnya beragam produk elektronik yang diklaim ramah energi ini sengaja Panasonic luncurkan sebagai ambisi untuk bisa menjadi produsen elektronik nomor satu di negeri Sakura. Untuk bisa menjadi kampium, perusahaan Jepang ini punya target bisa menguasai setidaknya 35% pangsa pasar elektronik Jepang di tahun 2012 nanti.