Reporter: Aprillia Ika, WSJ |
TOKYO. Pabrikan elektronik Panasonic Corp. mengumumkan perubahan strategi bisnisnya untuk tiga tahun ke depan. Menurut Fumio Ohtsubo, Presiden Panasonic, perusahaannya akan fokus pada bisnis baterai isi ulang, panel surya, serta produk green energy lain.
Ohtsubo menamai program alih strategi bisnis barunya ini dengan nama Green Transformation 2012. Dengan strategi baru ini, Panasonic secara otomatis akan mengurangi produksi barang elektronik untuk rumahtangga yang selama ini mereka geluti. "Tantangan dunia bisnis terbesar saat ini adalah membangun perusahaan yang fokus pada bisnis lingkungan," ujar Ohtsubo dalam sebuah konferensi pers, Sabtu (8/5).
Panasonic sudah menyiapkan dana sebesar 300 miliar yen atau sekitar US$ 3,3 miliar untuk mengalihkan strategi bisnisnya tersebut. Program ini ditargetkan selesai tahun 2013 mendatang.
Sementara, dana untuk pengembangan produk elektronik rumahtangga hanya 220 miliar yen saja. Jumlah tersebut hanya sepertiga dari jumlah investasi tiga tahun lalu.
Langkah Panasonic ini sebenarnya terpengaruh oleh masuknya Sanyo Electric Co. ke bisnis energi. Pasalnya, Panasonic baru saja mengakuisisi sebagian besar saham perusahaan baterai isi ulang terbesar di Jepang tersebut senilai US$ 4,4 miliar pada Desember 2009.
Dengan investasi sebesar itu, Panasonic menargetkan akan meraup pendapatan sebesar US$ 10 triliun yen pada Maret 2013, dengan margin keuntungan 5%.
Sebesar 60% dari pendapatan tersebut ditargetkan bakal disumbangkan oleh bisnis energi Panasonic. Sisanya, akan disumbang oleh unit bisnis baru lain, seperti produk kesehatan, keamanan, serta produk lampu.
Sebagai catatan, pada tahun fiskal 2009 yang baru saja berakhir Maret 2010, Panasonic membukukan penerimaan 7,418 triliun yen dengan margin keuntungan 2,6%. Sementara untuk tahun fiskal 2010 yang akan berakhir Maret 2011, perusahaan ini menargetkan pendapatan sebesar 8,8 triliun yen dan keuntungan bersih 50 miliar yen.
Khusus untuk produk televisi, Panasonic akan fokus mengembangkan TV berteknologi light emitting diodes (LED) yang lebih hemat energi. Targetnya, sebanyak 21 juta televisi Panasonic akan terjual sampai Maret 2011.