Para Ahli di China Buat Peta Bulan yang Super Detail, Mau Lihat Bulan Lebih Detail?

Kamis, 16 Juni 2022 | 11:21 WIB Sumber: The Sun
Para Ahli di China Buat Peta Bulan yang Super Detail, Mau Lihat Bulan Lebih Detail?

ILUSTRASI. Para Ahli di China Buat Peta Bulan yang Super Detail, Mau Lihat Bulan Lebih Detail?


KONTAN.CO.ID - Para ahli di China buat peta Bulan yang super detail, mau lihat seperti apa Bulan jika dilihat dalam peta? Peta Bulan super detail ini juga memuat informasi terkait berbagai jenis batuan yang ada di satelit alam Bumi ini.

Apakah Anda penasaran kira-kira seperti apa penampakan Bulan jika dilihat dalam format peta?

Baru-baru ini para ahli di China menciptakan sebuah peta Bulan yang super detail dengan skala 1:2.500.000. Menariknya, ini merupakan peta geologi Bulan pertama yang diciptakan berdasarkan eksplorasi dan hasil temuan baru.

Mengutip dari The Sun (16/06), para ahli di negeri tirai bambu dengan susah payah membuat peta besar tetangga Bumi terdekat ini.

Baca Juga: Inilah Urutan Planet di Tata Surya dari yang Paling Kecil, Jupiter si Paling Bongsor

Preview Peta Bulan Super Detail - Geologic Map of the Moon Skala 1:2.500.000

Proyek pembuatan peta Bulan super detail ini kabarnya membutuhkan ratusan ilmuwan selama sepuluh tahun untuk menyelesaikannya.

Para ahli juga telah memasukkan lebih dari 12.000 kawah tumbukan dan 81 cekungan tumbukan. 

Tidak hanya itu saja, 17 jenis batuan yang berbeda juga telah diperhitungkan, serta 14 jenus struktur pada satelit alami Bumi ini.

Meskipun peta lain telah dibuat sebelumnya, tetapi belum ada yang melampaui peta Bulan super detail ini.

Resolusinya jauh lebih besar dari peta sebelumnya yang pernah ada, yakni dengan skala 1:2.500.000 seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Tambah wawasan tentang Bulan, peta super detail ini juga dapat diakses oleh semua orang secara online atau bisa juga diunduh yang besarnya hampir 200 MB.

Baca Juga: Usai Purnama Stroberi Super, Ini Fenomena Bulan yang Akan Terjadi Selanjutnya

Proyek peta Bulan super detail ini tercipta oleh Institute of Geochemistry of the Chinese Academy of Sciences, setelah program ekslorasi pada tahun 2004 lalu, menurut laporan Universe Today.

Mereka harus membagi Bulan menjadi 30 segi empat agara dapat tercipta dengan baik.

"Sebagai perpaduan dari ilmu pengetahuan terkini tentang geologi Bulan dan sejarah evolusi, peta geologi Bulan adalah sumber daya mendasar dalam penelitian sains, perencanaan eksplorasi dan pemilihan lokasi pendaratan," ujar para ahli.

Penelitian ini juga telah dipublikasikan melalui jurnal ilmiah dengan judul "The 1:2.500.000-Scale Geologic Map of the Global Moon".

Anda juga dapat mengakses peta Bulan super detail ini secara online atau download secara gratis melalui link berikut ini: https://sadr-en.nssdc.ac.cn/detail?dataSetId=972277454573928448&dataSetType=personal#shujuwenjian

Editor: Arif Budianto

Terbaru