kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Para Ahli Ungkapkan Seringnya Benda Langit Ini Muncul, Deretan Meteor Tahun 2022


Senin, 21 Maret 2022 / 11:15 WIB
Para Ahli Ungkapkan Seringnya Benda Langit Ini Muncul, Deretan Meteor Tahun 2022
ILUSTRASI. Para Ahli Ungkapkan Seringnya Benda Langit Ini Muncul, Deretan Meteor Tahun 2022


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Para ahli ungkapkan betapa seringnya benda langit ini muncul. Berikut deretan meteor yang muncul pada tahun 2022 ini, mulai dari Aquariids hingga Ursids.

Tahukah Anda? Benda langit yang satu ini rupanya kerap kali jatuh, loh! Bahkan sejak Agustus 2021 lalu, benda langit yang satu ini (Meteor Perseid) melesat di atas wilayah Makedonia Utara, seperti yang dikutip dari Science Times (21/03/2022).

Meskipun demikian, kepercayaan orang lama menganggap bahwa fenomena bintang jatuh atau meteor yang melesat ini cukup jorang. Oleh karena itu, kita mungkin pernah mendengar bahwa ketika melihat bintang jatuh, segeralah membuat permintaan karena mungkin akan dikabulkan. 

Masih mengutip dari Science Times, para ilmuwan mengatakan bahwa benda langit seperti bintang jatuh atau meteor cukup umum terjadi. Bahkan bisa saja terjadi saat siang hari, meskipun akan lebih jelas terlihat ketika malam hari di mana langit tampak lebih gelap.

Edwin Charless Krupp, seorang astronom dan direktur Obesrvatorium Griffith mengatakan bahwa nama bintang jatuh adalah nama panggilan yang tidak tepat untuk sebuah meteor.

Kenapa demikian? Menurut Edwin, bintang langit adalah batuan luar angkasa yang muncul sebagai kilatan cahaya yang melesat melintasi langit. 

Krupp mengatakan kepada Live Science bahwa cahaya ini terlihat karena gesekan ketika benda langit yang berupa batu ruang angkasa ini memasuki atmosfer.

Sebagian besar batuan luar angkasa yang masuk ke planet ini berasal dari sabuk asteroid, yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Tetapi seberapa sering bintang jatuh dan seberapa umum mereka menggapai atmosfer Bumi?

Ilustrasi: Meteor

Krupp menambahkan bahwa meteor bisa terjadi kapan saja, di seluruh Bumi. 

Sementara itu, ilmuwan bernama Kevin Luhman selaku asisten profesor astronmi dan astrfisika Penn State menambahkan kapan dan dimana tempat terbaik melihat bintang jatuh.

Seperti yang dilaporkan Physics.org, Luhman menambahkan bahwa tempat terbaik untuk melihat bintang jatuh atau meteor ini adalah titik gelap di belahan Bumi Utara. Waktu terbaik untuk melihat benda langit tersebut adalah sebelum fajar di langit malam yang cerah.

Baca Juga: Ngeri! Asteroid Ini Baru Terdeteksi Dua Jam Sebelum Menghantam Atmosfer Bumi




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×