kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,55   3,92   0.42%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Para astronom memprediksi ledakan bintang Supernova Requiem akan terjadi tahun 2037


Rabu, 15 September 2021 / 10:33 WIB
Para astronom memprediksi ledakan bintang Supernova Requiem akan terjadi tahun 2037
ILUSTRASI. Para astronom memprediksi ledakan bintang Supernova Requiem akan terjadi tahun 2037


Sumber: Slashgear | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Para astronom memprediksi supernova akan kembali terjadi tahun 2037. Ini merupakan peristiwa di mana bintang-bintang tampak bersiap meledak menjadi supernova yang dijuluki Supernova Requiem.

Belum lama ini para astronom mengungkapkan prediksi terbarunya terkait peristiwa yang disebut sebagai Supernova Requiem. Sebelum membahas lebih jauh terkait supernova, dalam sebuah studi astronomi, banyak hal yang terjadi di langit sulit untuk diprediksi.

Meskipun demikian, beberapa peristiwa, seperti hujan meteor tahunan dan gerhana dapat diprediksi. Tetapi, memprediksi peristiwa seperti supernova merupakan bukan hal yang mudah untuk para astronom.

Mengutip dari Slashgear, terlepas dari kesulitan tersebut, para astronom akhirnya mengungkapkan prediksi tentang ledakan bintang yang disebut Supernova Requiem ini. Bila prediksi tersebut benar, para astronom percaya cahaya dari ledakan supernova akan terlihat oleh teleskop di Bumi sekitar tahun 2037.

Masih cukup lama, bukan?

Gabe Brammer, seorang astronom di Universitas Kopenhagen di Denmark, menemukan supernova secara tidak sengaja saat mencari galaksi jauh yang tidak deketahui. Mengutip dari Space, ini masih dalam program penelitian yang sedang berlangsung, yang mereka sebut dengan REsolved QUIEscent Magnified Galaxies (REQUIEM). 

Dari situlah penggunaan nama Supernova Requiem berasal.

Baca Juga: Kapan matahari kita akan mati? Ini prediksi ilmuwan

Ledakan bintang supernova di galaksi MACS J0138 ditangkap Teleskop Luar Angkasa Hubble pada tahun 20

Dalam sebuah citra yang diambil teleskop luar angkassa Hubble, peristiwa supernova sempat terjadi tahun 2016 lalu. Sebuah titik yang dilingkari menandakan ledakan supernova, tiga tahun setelahnya (2019), titik tersebut hilang.

Peristiwa supernova tersebut berada di belakang gugus galaksi raksasa yang disebut MACS J0138. Gugus galaksi masif ini memiliki gravitasi yang cukup untuk membelokkan dan memperbesar cahaya dari supernova, terletak di galaksi jauh di belakang gugus.

Para ilmuwan percaya bahwa mereka butuh sekitar empat miliar tahun di mana cahaya mencapai Bumi. Para astronom juga memprediksi bahwa cahaya supernova akan kembali berdasarkan model komputer cluster.

Digambarkan bahwa jalur yang berbeda cahaya dari ledakan besar mengambil melalui materi gelap di cluster.

Para astronom juga mencatat bahwa citra yang tertangkap pada tahun 2016 mengambil rute yang berbeda melalui cluster, tiba di Bumi pada waktu yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan panjang jalur cahaya yang diikuti oleh cahaya supernova.

Mengutip dari Space, Rodney, Brammer, dan astronom Johan Richard dari Universitas Lyon di Prancis, bekerja sama untuk menganilisis lebih lanjut terkait peristiwa trsebut.

Para astronom percaya cahaya dari supernova akan muncul lagi setelah tahun 2037, yakni pada tahun 2042. Tetapi ada sedikit perbedaan, di mana cahayanya akan terlihat sangat redup, sehingga tidak akan terlihat.

Selanjutnya: Mengenal badai matahari, apakah menjadi penyebab kiamat internet?




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×