kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Para Ilmuwan Bongkar Rahasia Bagian Terdalam Planet Bumi yang Sangat Panas


Rabu, 22 Februari 2023 / 11:04 WIB
Para Ilmuwan Bongkar Rahasia Bagian Terdalam Planet Bumi yang Sangat Panas
Planet Merkurius (sebelah kiri) dan Bumi (sebelah kanan). Para Ilmuwan Bongkar Rahasia Bagian Terdalam Planet Bumi yang Sangat Panas,


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Dalam novel klasik Jules Verne tahun 1864 "Journey to the Center of the Earth", para petualang turun melalui gunung berapi Islandia ke dunia bawah tanah yang luas yang dihuni oleh makhluk prasejarah saat mereka menjelajahi bagian dalam planet kita. 

Pusat Bumi yang sebenarnya tidak seperti penggambaran yang fantastis ini dan dalam beberapa hal bahkan lebih dramatis.

Para peneliti pada hari Selasa (21/2)  mencoba menjabarkan studi intensif interior dalam Bumi. Penjelasan ini didasarkan perilaku gelombang seismik dari gempa bumi besar.

Mereka mencoba mengkonfirmasi keberadaan struktur yang berbeda di dalam inti planet Bumi yang terdiri dari bola besi dan nikel padat terdalam yang sangat panas sekitar 800 mil ( 1.350 km). Diameter bumi sekitar 7.900 mil (12.750 km). 

Baca Juga: Bill Gates Minta Elon Musk Urungkan Ambisinya ke Mars, Ini Alasannya

Menurut mereka, struktur internal planet Bumi terdiri dari empat lapisan: kerak berbatu di bagian luar, kemudian mantel berbatu, inti luar yang terbuat dari magma, dan inti dalam yang padat. 

Inti dalam logam ini, dengan lebar sekitar 1.500 mil (2.440), ditemukan pada tahun 1930-an, juga berdasarkan gelombang seismik yang bergerak melalui Bumi.

Meningkatnya kecanggihan pemantauan seismik memungkinkan hal ini dikonfirmasi. Gempa bumi melepaskan gelombang seismik yang bergerak melalui planet dan dapat mengungkap kontur struktur interiornya berdasarkan perubahan bentuk gelombang. 

Hingga saat ini, para ilmuwan mampu mendeteksi gelombang tersebut memantul hingga dua kali, dari satu sisi Bumi ke sisi lain lalu kembali lagi. 

Penelitian baru tersebut mempelajari gelombang dari 200 gempa dengan magnitudo di atas 6,0 yang memantul seperti bola pingpong hingga lima kali lipat di planet ini.

"Kita mungkin tahu lebih banyak tentang permukaan benda langit lain yang jauh daripada bagian dalam planet kita," kata seismolog observasional Thanh-Son Pham dari Australian National University di Canberra, penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Baca Juga: Gempa Turki-Suriah Kemungkinan Jadi Gempa Paling Mematikan dalam Satu Dekade Terakhir

“Kami menganalisis rekaman digital gerakan tanah, yang dikenal sebagai seismogram, dari gempa bumi besar dalam dekade terakhir. Studi kami menjadi mungkin berkat perluasan jaringan seismik global yang belum pernah terjadi sebelumnya, khususnya jaringan padat di AS yang berdekatan, semenanjung Alaska, dan sekitarnya. Pegunungan Alpen Eropa," tambah Pham.

Cangkang terluar inti dalam dan bola terdalamnya yang baru dikonfirmasi cukup panas untuk dicairkan tetapi merupakan paduan besi-nikel padat karena tekanan luar biasa di pusat Bumi membuatnya menjadi padat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×