Parade Militer Terbaru Korea Utara Diprediksi Libatkan Hingga 20.000 Tentara

Rabu, 20 April 2022 | 14:33 WIB Sumber: Yonhap,Yonhap
Parade Militer Terbaru Korea Utara Diprediksi Libatkan Hingga 20.000 Tentara

ILUSTRASI. Bendera Korea Utara raksasa dikibarkan saat parade paramiliter untuk memperingati 73 tahun pendirian Korea Utara


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Citra satelit yang diperoleh outlet berita AS pada hari Rabu (20/4) menunjukkan adanya penumpukan tentara Korea Utara. Ini diduga merupakan persiapan untuk parade militer pekan depan.

Dilansir dari Yonhap, outlet berita Radio Free Asia (RFA) mengatakan citra satelit yang diambil dari Planet Labs menunjukkan lebih dari 12.000 tentara terlihat berkumpul di alun-alun Lapangan Terbang Mirim di Pyongyang awal pekan ini.

Citra satelit diambil pada hari Minggu (17/4), seminggu sebelum Korea Utara merayakan ulang tahun ke-90 berdirinya Tentara Revolusi Rakyat Korea Utara (KPRA), kelompok tentara gerilya anti-Jepang.

Baca Juga: Korut Peringati Kelahiran Kim Il Sung dengan Musik dan Tarian, Tanpa Parade Militer

Area tersebut juga dikenal sebagai tempat pelatihan parade tradisional rahasia Korea Utara. Wilayah tersebut juga menjadi tempat untuk replika Lapangan Kim Il Sung yang terkenal di Korea Utara.

Menumpuknya pasukan di replika Lapangan Kim Il-sung menunjukkan bahwa persiapan parade sudah ada di tahap akhir, mengingat lapangan tersebut akan menjadi lokasi parade sebenarnya.

Sejalan dengan itu, Voice of America (VOA) juga memuat citra satelit yang menunjukkan kerumunan besar orang membuat formasi dengan bunga merah di lapangan. Foto juga menunjukkan tempat parkir yang dipenuhi kendaraan.

Otoritas militer dan intelijen Korea Selatan akan mengawasi parade militer besar-besaran yang kemungkinan akan berlangsung pada Senin (25/4) depan. Pihak Korea Selatan juga tidak mengesampingkan adanya kemungkinan acara berlanjut hingga malam hari.

Baca Juga: Korea Utara Berhasil Uji Coba Senjata Baru, Diduga Terkait Nuklir

Parade militer Korea Utara minggu depan kemungkinan akan kembali menjadi ajang pamer rudal balistik antarbenua (ICBM) dan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM). 

Akhir minggu lalu Korea Utara bahkan baru saja melakukan uji coba senjata yang diklaim sebagai senjata taktis baru. Ada kemungkinan senjata baru ini juga akan dipamerkan.

Korea Selatan juga memperkirakan Korea Utara akan memobilisasi lebih dari 20.000 tentara untuk parade kali ini. Kendaraan seperti mobil lapis baja dan dan peluncur erektor pengangkut (TEL) juga disebut mulai bergerak ke titik parade.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru