kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Partai Demokrat kuasai senat Amerika Serikat


Kamis, 07 Januari 2021 / 13:28 WIB
Partai Demokrat kuasai senat Amerika Serikat
ILUSTRASI. Patung Monumen Perdamaian di depan gedung Capitol di Washington. REUTERS/Kevin Lamarque


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menyusul kemenangan Joe Bieden sebagai presiden terpilih Amerika Serikat, Partai Demokrat berhasil menguasai Senat. Mengutip Bloomberg pada Kamis (7/1), kemenangan tersebut setelah selama enam tahun dikuasai oleh Partai Republik.

Hal ini seiring dengan, para demokrat berhasil memenangkan suara di berbagai negara bagian. Jon Ossoff menggulingkan petahana dari Partai Republik, David Perdue dan Raphael Warnock, yang kalah mengangkat Senator GOP Kelly Loeffler dalam pemilihan khusus hari Selasa, menurut Associated Press.

Partai Republik tidak memenangkan mayoritas pada 3 November, memaksa putaran kedua dua bulan kemudian. Partai Republik mengatakan tantangannya terhadap hasil pemilihan telah membuat partai kehilangan dua kursi Senat.

Dalam sebuah tweet, Biden mengatakan dia menelepon Warnock dan Ossoff pada Rabu pagi untuk memberi selamat kepada mereka atas kampanye dan usaha keras selama ini.

Partai pengusung Biden akan memegang palu di DPR dan Senat, dengan trifecta Demokrat pertama, termasuk Gedung Putih, dalam satu dekade. Senator Chuck Schumer dari New York ditetapkan untuk menjadi pemimpin mayoritas, mengurangi ruang lingkup pemimpin Republik Mitch McConnell untuk menghalangi agenda dan pemilihan personel Biden.

Kemegangan demokrat ini terjadi di tengah kekacauan di ibukota negara itu ketika para pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Capitol AS. Mereka juga mengganggu anggota parlemen yang bertemu untuk mengesahkan pemilihan Presiden terpilih Joe Biden.

Partai Republik mengatakan tantangannya terhadap hasil pemilihan telah membuat partai kehilangan dua kursi Senat.  “Ternyata memberi tahu para pemilih bahwa pemilihannya curang bukanlah cara yang bagus untuk mengubah pemilih Anda,” kata Senator Utah Mitt Romney, antagonis Trump yang lama.

Baca Juga: Twitter mengunci sementara akun Presiden AS Donald Trump selama 12 jam

Kemenangan ganda menandai kemunduran terakhir bagi Trump dalam upayanya untuk mengubah arah pemilihan. Ia mendesak pengunjuk rasa untuk mendukung mereka yang menentang hasil pilpres.

Kemenangan Ossoff dan Warnock akan menjadi senator kulit hitam AS pertama dari Georgia, didorong oleh rekor jumlah pemilih di negara bagian Selatan dan menandai perubahan besar dalam politik Georgia. Itu menyusul kemenangan tipis Biden di sana pada November - pertama kalinya Georgia memilih presiden Partai Demokrat sejak 1992.

Hampir setengah dari suara negara bagian datang dari wilayah metropolitan Atlanta, dan Partai Demokrat telah memperoleh suara di pinggiran kota yang berkembang pesat dan beragam yang mengelilingi kota. Stacey Abrams, seorang Demokrat, hampir saja memenangkan pemilihan gubernur pada tahun 2018, dan banyak dari infrastruktur kampanye itu tetap ada.

Sementara Biden sekarang dapat lolos dari badai panggilan pengadilan dari ketua komite Senat Republik yang bermaksud menggali lebih jauh ke dalam urusan keuangan putranya Hunter Biden.

Senator Demokrat sentris Joe Manchin dari West Virginia telah berjanji untuk menentang upaya apa pun untuk menghapus filibuster, persyaratan untuk 60 suara untuk melanjutkan sebagian besar undang-undang. Kecuali jika dia dan para skeptis Demokrat lainnya untuk mengakhiri praktik berubah pikiran, Biden harus bergantung pada aturan anggaran khusus yang hanya mengizinkan pengeluaran, pajak, dan tagihan batas utang tertentu untuk disahkan dengan mayoritas sederhana.

Biden dan Schumer harus mengelola Senat yang memiliki sayap liberal yang bersemangat termasuk Elizabeth Warren dari Massachusetts dan Bernie Sanders dari Vermont bersama dengan tokoh-tokoh yang lebih moderat seperti Manchin dan Kyrsten Sinema dari Arizona. Ketua DPR Nancy Pelosi, yang melihat mayoritas Demokratnya menyempit dalam pemilihan November, juga harus menyeimbangkan inisiatif kaum progresif seperti Alexandria Ocasio-Cortez dari New York dengan orang-orang moderat yang akan menghadapi pemilih lagi pada November 2022.

Selanjutnya: 2 Pejabat tinggi Gedung Putih mengundurkan diri pasca kekerasan di Capitol




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×