Pasar Bullish Segera Datang, Ini Saran Investasi dari Warren Buffett

Senin, 05 Desember 2022 | 09:00 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Pasar Bullish Segera Datang, Ini Saran Investasi dari Warren Buffett

ILUSTRASI. Setiap pasar bearish dan resesi dalam sejarah – tidak peduli seberapa parah – akhirnya akan ada jalan menuju pasar bullish. REUTERS/Scott Morgan


KONTAN.CO.ID - Tahun ini merupakan tahun yang tidak mudah bagi investor. Di antara lonjakan inflasi, pasar bearish, dan ancaman resesi yang terus-menerus, banyak investor yang merasa putus asa tentang masa depan.

Tapi ada kabar baik. Setiap pasar bearish dan resesi dalam sejarah – tidak peduli seberapa parah – akhirnya akan ada jalan menuju pasar bullish. Meskipun tidak ada yang bisa memprediksi dengan tepat berapa lama kemerosotan pasar ini akan berlangsung, tapi dapat dipastikan pasar bullish sedang dalam perjalanan.

Oleh karenanya, sekaranglah waktunya untuk mulai mempersiapkan kenaikan yang tak terelakkan. 

Investor terkenal Warren Buffett mengetahui satu atau dua hal tentang memanfaatkan pasar bullish. Inilah nasihatnya seperti yang dilansir dari The Motley Fool dan Investopedia:

1. Saat ini adalah waktu untuk berinvestasi

Ketika harga saham turun dan banyak orang mengkhawatirkan potensi resesi, berinvestasi lebih banyak lagi di pasar saham mungkin menjadi pemikiran terakhir di benak Anda. Tetapi untuk memaksimalkan penghasilan Anda, sekaranglah waktunya untuk membeli.

Kembali pada tahun 2008, Warren Buffett menulis opini untuk The New York Times. Di dalamnya, dia menjelaskan: "Aturan sederhana mendikte pembelian saya: Takutlah saat orang lain serakah, dan jadilah serakah saat orang lain takut."

Saat ini, harga saham secara keseluruhan lebih rendah dari bulan-bulan sebelumnya. Beberapa industri - seperti sektor teknologi - sangat terpukul. Jika Anda sedang mencari peluang untuk membeli saham berkualitas dengan diskon besar, sekaranglah waktunya untuk "menjadi serakah".

Baca Juga: 3 Alasan Warren Buffett Ogah Mendekati Mata Uang Kripto

2. Cara memaksimalkan penghasilan Anda

Berinvestasi sekarang tidak hanya memungkinkan Anda memanfaatkan harga yang lebih rendah. Ketika pasar rebound, Anda bisa melihat keuntungan besar.

Misalnya, Anda telah berinvestasi di Amazon pada Maret 2009, saat berada di titik terendah selama Resesi Hebat. Di tahun berikutnya saja, Anda akan melihat return sekitar 113%. Selama lima tahun, Anda akan melihat keuntungan hampir 560%.

Jika Anda hanya berinvestasi selama poin tinggi, akan lebih sulit untuk memanfaatkan kenaikan pasar bullish. Tetapi dengan berinvestasi saat pasar berada pada titik terendah, Anda dapat menyiapkan diri untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Baca Juga: 10 Resep yang Bikin Warren Buffett Mendapatkan Status Miliardernya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru