kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar saham loyo, perusahaan investasi Arab Saudi borong saham perusahaan besar AS


Sabtu, 16 Mei 2020 / 20:26 WIB
Pasar saham loyo, perusahaan investasi Arab Saudi borong saham perusahaan besar AS
ILUSTRASI. Perusahaan investasi Arab Saudi membeli saham minoritas di perusahaan besar Amerika, seperti Boeing, Facebook dan Citigroup.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Perusahaan investasi Kerajaan Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF) membeli saham minoritas di perusahaan-perusahaan besar Amerika. Termasuk diantaranya Boeing, Facebook dan Citigroup.

PIF memborong portofolio saham hampir US$ 10 miliar di saham yang terdaftar di bursa Amerika Serikat (AS).

Reuters melaporkan, PIF yang memiliki dana kelolaan US$ 300 miliar telah membeli saham minoritas di perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, mengambil keuntungan dari pelemahan pasar setelah wabah virus corona.

Baca Juga: Harga minyak naik lebih 6%, Arab Saudi janji pangkas produksi

PIF membeli saham senilai US$ 713,7 juta di Boeing, sebesar US$ 522 juta di Citigroup, US$ 522 juta di Facebook, US$ 495,8 juta di Disney dan US$ 487,6 juta di Bank of America.

Bkan itu saja, PIF juga memiliki hampir saham senilai US$ 514 juta di Marriott dan di Berkshire Hathaway.

PIF juga mengungkapkan memiliki saham senilai US$ 827,7 juta di perusahaan minyak BP.

"Saudi wealth fund berbelanja saham di kuartal I 2020," demikian tweeted Ali Al-Salim, co-founder dari perusahaan konsultan yang berbasis di Dubai Arkan Partners.

Ia menambahkan, PIF sekarang memegang potofolio saham sekitar US$ 10 miliar yang terdaftar di bursa AS, naik dari semula US$ 2 miliar di tahun ini.

Strategi PIF ada dua. Yakni membangun portofolio investasi internasional dan berinvestasi secara lokal dalam proyek-proyek yang akan membantu mengurangi ketergantungan Arab Saudi pada minyak.

“PIF adalah investor yang sabar dengan cakrawala jangka panjang. Dengan demikian, kami secara aktif mencari peluang strategis baik di Arab Saudi dan global yang memiliki potensi kuat untuk menghasilkan pengembalian jangka panjang yang signifikan sambil lebih jauh memberi manfaat bagi masyarakat Arab Saudi dan mendorong pertumbuhan ekonomi negara itu," demikian pernyataan PIF.

Baca Juga: The Fed sebut real estate komersial dan bank paling terpukul akibat virus corona




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×