kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca Kegagalan SVB, Perbankan AS Tarik Pinjaman Likuiditas US$ 164,8 M dari The Fed


Jumat, 17 Maret 2023 / 14:50 WIB
Pasca Kegagalan SVB, Perbankan AS Tarik Pinjaman Likuiditas US$ 164,8 M dari The Fed
ILUSTRASI. Industri perbankan AS meminjam likuiditas dari dua fasilitas bank sentral The Fed senilai US$ 164,8 miliar dalam sepekan.REUTERS/Michaela Vatcheva


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Industri perbankan Amerika Serikat (AS) meminjam likuiditas dari dua fasilitas bank sentral The Fed senilai US$ 164,8 miliar dalam sepekan terakhir. Ini menandakan ketegangan pendanaan yang meningkat pasca kolapsnya Silicon Valley Bank (SVB). Ini menjadi rekor tertinggi sejak krisis 2008,

Mengutip Bloomberg, Jumat (17/3), data yang diterbitkan oleh Fed menunjukkan fasilitas pinjaman The discount window telah mengucurkan dana sebesar US$ 152,85 miliar untuk mendukung likuiditas tradisional perbankan pada pekan yang berakhir 15 Maret. 

Itu menjadi rekor tertinggi lantaran naik dari US$4,58 miliar pada minggu sebelumnya. Tertinggi sepanjang masa sebelumnya hanya US$ 111 miliar, itu pun terjadi ketika krisis keuangan 2008.

Baca Juga: Janet Yellen: Sistem Perbankan AS Sehat, Tetapi Tidak Semua Simpanan Dijamin

Data tersebut juga menunjukkan dana pinjaman dari backstop darurat baru Fed yang dikenal sebagai Bank Term Funding Program, yang diluncurkan hari Minggu senilai US$11,9 miliar.

Secara keseluruhan, pinjaman dari bank sentral yang diberikan melalui dua backstop menunjukkan sistem perbankan yang masih rapuh. Belum lagi berbagai bank ini harus berurusan dengan migrasi simpanan setelah kegagalan Silicon Valley Bank of California dan Signature Bank of New York minggu lalu.

Perpanjangan kredit lainnya juga mencapai US$ 142,8 miliar selama seminggu, yang mencerminkan pinjaman oleh Federal Deposit Insurance Corp. untuk menjembatani bank untuk SVB dan Signature Bank.

“Pinjaman darurat membalikkan sekitar setengah dari upaya The Fed menyebut likuiditas di sistem sejak dimulainya apa yang disebut pengetatan bank sentral pada bulan Juni tahun lalu. Dan saldo cadangan bank sentral melonjak sekitar US$ 440 miliar dalam seminggu  yang pada dasarnya membalikkan semua upaya The Fed,” menurut Capital Economics.

Michael Gapen, kepala ekonomi AS untuk Bank of America Securities di New York mengatakan  tingkat yang lebih tinggi dari pinjaman  The discount window atas fasilitas Pendanaan Berjangka Bank yang baru mungkin mencerminkan kumpulan agunan yang lebih luas yang dapat dijaminkan oleh bank.

Pada Kamis sore, bank-bank terbesar di negara itu menyepakati rencana untuk mendepositokan sekitar US$ 30 miliar dengan First Republic Bank dalam upaya yang diatur oleh pemerintah AS untuk menstabilkan pemberi pinjaman California yang babak belur.

Departemen Keuangan AS dan Federal Deposit Insurance Corp juga telah turun tangan dan menggunakan kekuatan yang tidak biasa selama akhir pekan untuk melindungi semua deposan SVB dan Signature. Biasanya, deposan hanya diasuransikan hingga US$ 250.000.

The Fed juga mengambil langkah luar biasa untuk memperluas jaring pengaman dengan menjamin bank akan memiliki cukup likuiditas untuk memenuhi semua kebutuhan simpanan. BTFP memungkinkan bank untuk menawarkan agunan pemerintah setara dengan imbalan pinjaman satu tahun. Pejabat pemerintah mengatakan pada saat itu bahwa ada cukup agunan dalam sistem perbankan untuk menutupi semua deposan.

Baca Juga: Menakar Prospek Harga Minyak Dunia Setelah Kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB)

Analis di JPMorgan Chase & Co. memperkirakan US$ 2 triliun sebagai tingkat atas untuk berapa banyak likuiditas yang akhirnya dapat disediakan oleh backstop baru, meskipun mereka juga mengembangkan perhitungan yang lebih kecil sekitar US$ 460 miliar berdasarkan jumlah simpanan yang tidak diasuransikan di enam bank AS yang memiliki rasio tertinggi simpanan yang tidak diasuransikan terhadap total simpanan.

Kendati demikian, Menteri Keuangan AS Janet Yellen menyebut sistem perbankan AS tetap sehat dan warga Amerika dapat merasa yakin bahwa simpanan mereka aman. Ia menyangkal bahwa tindakan darurat setelah dua kegagalan bank besar berarti bahwa jaminan pemerintah sekarang tersedia untuk semua deposito. 

Melansir Reuters, dalam pidato publik pertamanya sejak tindakan darurat akhir pekan dengan regulator lain, Yellen ditekan selama sidang di hadapan Komite Keuangan Senat AS jika itu berarti semua simpanan yang tidak diasuransikan sekarang dijamin. 

"Sebuah bank hanya mendapat perlakuan itu," katanya kepada Senator Republik AS James Lankford. 

Dia menambahkan, "Saya, dalam konsultasi dengan presiden, menentukan bahwa kegagalan melindungi deposan yang tidak diasuransikan akan menciptakan risiko sistemik dan konsekuensi ekonomi dan keuangan yang signifikan."  

Komentarnya tersebut adalah indikasi eksplisit pertama dari pandangan regulator tentang batas jaminan luar biasa akhir pekan yang memastikan bahwa puluhan miliar simpanan yang tidak diasuransikan di Silicon Valley dan Signature tidak hilang. 

Menjelang pengumuman itu, Yellen telah menggembar-gemborkan langkah-langkah darurat tegas dan kuat yang diambil pada hari Minggu. Dia mengatakan mereka telah membantu memulihkan kepercayaan deposan dan mencegah penarikan dana besar-besaran dari bank yang lebih luas. 

"Saya dapat meyakinkan anggota komite bahwa sistem perbankan kita sehat, dan orang Amerika dapat merasa yakin bahwa simpanan mereka akan tersedia saat mereka membutuhkannya," kata Yellen. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×