kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pasca pertemuan Trump dan Xi di Osaka, jutaan ton kedelai AS masuk ke China


Senin, 29 Juli 2019 / 04:25 WIB
Pasca pertemuan Trump dan Xi di Osaka, jutaan ton kedelai AS masuk ke China

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BEIJING.  Amerika Serikat (AS) telah mengekspor beberapa juta ton kedelai ke China sejak pemimpin kedua negara, Presiden AS Dondal Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu pada Juni 2019 lalu di Osaka, Jepang.

Hal itu diberitakan media pemerintah China pada hari Minggu. Ini merupakan sebuah tanda niat baik sebelum perundingan perdagangan di Shanghai berlangsung minggu ini.

Baca Juga: Perusahaan China tengah menjajaki pembelian produk-produk pertanian AS

Perang dagang antara AS dan China telah membuat ekspor kedelai AS ke Tiongkok merosot tajam setelah Beijing mengenakan tarif 25% terhadap impor kedelai dari AS.

Sejauh ini, China telah melakukan penyelidikan kepada pemasok A.S. untuk pembelian kedelai, kapas, sorgum babi dan produk pertanian lainnya sejak 19 Juli, dan beberapa penjualan telah dilakukan.

Hal itu seperti dimuat dalam laporan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China dan Kementerian Perdagangan. "Selama produk-produk pertanian Amerika diberi harga wajar dan berkualitas baik, diharapkan akan ada pembelian baru," kata laporan itu seperti dilansir Reuters, Minggu (28/7).

Perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam penjualan telah menerapkan pengecualian tarif untuk barang-barang pertanian dengan pejabat bea cukai Tiongkok, sambung laporan tersebut.

Baca Juga: Di tengah perang dagang dengan AS, China ingin perbanyak impor kedelai dari Rusia

Langkah itu menunjukkan kesediaan Tiongkok untuk mempromosikan produk AS dan membuat kesepakatan yang dicapai antara presiden Donald Trump dan Xi Jinping pada pertemuan puncak G20 di Osaka pada bulan Juni.




TERBARU

Close [X]
×