kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,22   -22,51   -2.34%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasukan Rusia Dilaporkan Hampir Kuasai Kota Severodonetsk, Ukraina


Jumat, 06 Mei 2022 / 20:03 WIB
Pasukan Rusia Dilaporkan Hampir Kuasai Kota Severodonetsk, Ukraina
ILUSTRASI. Tim penyelamat bekerja di lokasi bangunan tempat tinggal yang hancur akibat serangan rudal Rusia di Kyiv, Ukraina, dalam gambar yang dirilis pada Jumat (29/4/2022). Pasukan Rusia Dilaporkan Hampir Kuasai Kota Severodonetsk, Ukraina.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - KYIV. Pasukan Rusia hampir mengepung Kota Severodonetsk yang dikuasai oleh Kyiv dan berusaha menyerbunya. 

"Kota ini hampir dikelilingi oleh tentara Rusia dan (separatis) Republik Rakyat Luhansk," kata Oleksandr Striuk, Kepala Administrasi Militer Severodonetsk di televisi Ukraina, Jumat (6/5/2022). 

"Mereka mencoba menyerbu kota melalui desa-desa terdekat," tambah dia, dilansir dari AFP. 

Severodonetsk adalah kota utama di Ukraina timur. Kota ini berada di wilayah paling timur negara itu. Striuk menyampaikan pasukan Rusia menunjukkan gerakan untuk serangan multi-cabang di Severodonetsk. 

Baca Juga: Menegangkan! 18 Pesawat Tempur China Kembali Masuk Zona Pertahanan Udara Taiwan

Penangkapan Severodonetsk dinilai akan menjadi keuntungan besar bagi tentara Rusia yang telah memfokuskan kembali upayanya untuk merebut seluruh wilayah Donbass timur. 

Striuk mengatakan ada pertempuran yang sedang berlangsung di sebuah desa di utara Severodonetsk. Dia mengatakan tentara Ukraina sejauh ini menahan serangan-serangan ini, tetapi Rusia terus mendesak. 

"Kota ini bertahan, tetapi penduduk dapat merasakan bahwa mereka (pasukan Rusia) mencoba untuk berkeliling," ujar Striuk. 

Baca Juga: Zelenskiy Tuduh Militer Rusia Telah Hancurkan Hampir 400 Rumah Sakit

Dia mengatakan sekitar 15.000 orang tetap berada di Severodonetsk, yang berpenduduk sekitar 100.000 sebelum perang. "Tingkat evakuasi telah melambat," katanya. Hanya ada sekitar 10 orang per hari yang dapat didorong untuk pergi. 

Pemerintah daerah selama berminggu-minggu telah mendesak orang-orang untuk meninggalkan kota, pusat industri di wilayah Luhansk Ukraina. Itu dibagi dari Lysychansk di dekatnya oleh Sungai Donets. Kedua kota tersebut merupakan target utama bagi tentara Rusia yang maju.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ukraina Terkini: Pasukan Rusia Hampir Kepung Kota Severodonetsk"
Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×