kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paus emeritus Benediktus XVI sebut ada yang berupaya membungkam dirinya


Senin, 04 Mei 2020 / 18:29 WIB
Paus emeritus Benediktus XVI sebut ada yang berupaya membungkam dirinya
ILUSTRASI. Paus Fransiskus mengunjungi pendahulunya, Paus Emeritus Benediktus XVI, di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan, 21 Desember 2018. Foto diambil pada 21 Desember 2018.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Paus emeritus Benediktus XVI, menuduh ada para penentangnya yang ingin membungkam dirinya, karena selama ini, ia lantang bersuara menengtang pernikahan sesama jenis.

Hal itu dia katakan paus bernama asli Joseph Ratzinger ini alam biografi resmi yang diterbitkan pada Senin (4/5) di Jerman.

Pria yang kini berusia 93 tahun ini, mengklaim, dalam biografi berjudul "Benedict XVI - A Life" bahwa ia telah menjadi korban distorsi realitas kejam, sebagai dampak intervensinya dalam perdebatan teologi, seperti diwartakan kantor berita Jerman, DPA.

Baca Juga: Mantan Paus Benediktus membungkam debat selibat dalam Gereja Katolik

Paus Benediktus XVI menilai, reaksi yang muncul dari teologi Jerman sangat salah kaprah dan tidak tepat sehingga ia memilih tidak membicarakannya.

"Saya lebih suka tidak menganalisis alasan sebenarnya mengapa orang ingin membungkam suara saya," tambah Paus Benediktus yang memilih pensiun pada 2013 ini, seperti dilansir France24, Senin.

Gereja Katolik Jerman, selama bertahun-tahun, telah dipimpin oleh para pastor yang condong melakukan reformasi dalam gereja katolik. Mereka berbeda dengan Ratzinger yang lebih condong mempertahankan ajaran tradisional gereja.

Selama menjabat sebagai paus antara 2005-2013, Paus Benedikturs XVI sering dikritik karena sikapnya terhadap Islam dan dituduh berusaha melemahkan gerakan modernisasi yang dilakukan penerusnya Paus Fransiskus.

Baca Juga: Pesan Paskah Paus Fransiskus: Jangan menyerah pada rasa takut

Namun, Ratzinger berupaya membantah tudingan tersebut dalam biografinya. Ia mengatakan, persahabatan pribadinya dengan Paus Fransiskus sekarang tidak hanya bertahan, tetapi juga bertumbuh.

Pada bulan Februari 2020, Benediktus XVI terseret intrik di Vatikan ketika sekretaris pribadinya dicoret dari daftar rombongan Paus Fransiskus.




TERBARU

[X]
×