kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Pelabuhan Terbesar di Texas Tutup saat Badai Tropis Beryl Mendekat


Senin, 08 Juli 2024 / 08:48 WIB
Pelabuhan Terbesar di Texas Tutup saat Badai Tropis Beryl Mendekat
ILUSTRASI. People enjoy the beach ahead of the arrival of Hurricane Beryl, in Cancun, Mexico July 4, 2024. REUTERS/Paola Chiomante


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Pelabuhan terbesar di Texas menutup operasi dan lalu lintas kapal pada hari Minggu (7/7) untuk bersiap menghadapi Badai Tropis Beryl, yang diperkirakan akan kembali menjadi badai sebelum mencapai area tersebut pada Senin (8/7) pagi.

Badai ini, yang pada satu titik intensitasnya meningkat menjadi badai Kategori 5, meninggalkan jejak kehancuran mematikan di seluruh Karibia.

Beryl diperkirakan akan tumbuh menjadi badai Kategori 2 setelah mendarat di tengah pantai Texas antara Galveston dan Corpus Christi.

Pelabuhan Corpus Christi, Houston, Galveston, Freeport, dan Texas City mengumumkan penutupan setelah kondisi "Zulu" ditetapkan oleh kapten Penjaga Pantai pada hari Minggu.

Baca Juga: Badai Beryl Menuju Texas, Corpus Christi Menutup Pelabuhannya

Semua pergerakan kapal dan operasi kargo dibatasi karena angin kencang diharapkan dalam waktu 12 jam.

Corpus Christi, sekitar 322 km dari Houston, adalah pusat ekspor minyak mentah terbesar di Amerika Serikat.

Texas City dan Freeport juga merupakan pusat pengiriman minyak dan produk olahan utama di Pantai Teluk AS.

Penutupan pelabuhan dapat menyebabkan penghentian sementara ekspor minyak mentah, pengiriman minyak ke kilang, dan bahan bakar motor dari pabrik-pabrik tersebut.

Saluran kapal Houston sepanjang 52 mil, yang pada hari Minggu beroperasi di bawah pembatasan lalu lintas sebelum menghentikan semua lalu lintas, memungkinkan akses ke 8 fasilitas umum dan sekitar 200 terminal swasta.

Pusat Badai Nasional AS mengubah jalur yang diharapkan dari Beryl, menandai belokan ke utara dengan perkiraan pendaratan di dekat Teluk Matagorda.

Badai ini dapat membawa angin dengan kecepatan 136 kph dan menyebabkan banjir besar, termasuk di pinggiran sekitar Houston.

Hampir 14.000 pelanggan di Texas kehilangan listrik pada Minggu malam, menurut PowerOutage.us. Penyedia listrik Centerpoint Energy mengatakan, sedang memantau badai dan membuat persiapan.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Turun 1%, Usai Perundingan Gencatan Senjata di Timur Tengah

Penjabat Gubernur Texas Dan Patrick mendesak orang-orang yang sedang berlibur di daerah pantai untuk pergi sebelum badai tiba.

"Ini adalah badai serius dan Anda harus menanggapinya dengan serius dan bersiap," katanya dalam pertemuan dengan pejabat di Austin.

Antisipasi

Perusahaan infrastruktur energi Kinder Morgan mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka menutup fasilitas penyimpanan gas alam West Clear Lake dan Dayton, serta fasilitas pemrosesan gas alam Texas City menjelang badai.

"Kami mengharapkan ini memiliki dampak minimal pada operasi pipa kami," kata perusahaan itu. Semua fasilitas lain perusahaan di jalur badai tetap beroperasi.

Beberapa fasilitas energi di Texas harus menutup atau memperlambat operasi karena badai angin terkait Beryl.

Train pencairan LNG Freeport 1, 2, dan 3 serta fasilitas pra-pengolahan proaktif ditutup karena dampak yang terkait dengan Beryl. Operator pabrik kemudian memulai kembali "seefisien mungkin untuk meminimalkan pelepasan," menurut pengajuan dengan Komisi Kualitas Lingkungan Texas.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Melemah di Tengah Kekhawatiran Dampak Badai Beryl yang Memudar

Freeport mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah mengurangi produksi di fasilitas pencairannya dan bermaksud untuk melanjutkan operasi setelah cuaca membaik.

Produsen gas alam cair Cheniere Energy mengatakan pada hari Minggu bahwa fasilitas Corpus Christi mereka beroperasi tanpa gangguan, tetapi semua personel yang tidak esensial telah dilepaskan.

"Aset Pantai Teluk kami memiliki kesiapan cuaca buruk yang kuat dan terbukti," katanya dalam rilis.

Pembuat bahan kimia Chemours Co, yang memiliki fasilitas produksi di dekat Corpus Christi, mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka meningkatkan rencana kesiapan badai mereka "untuk memasukkan perencanaan untuk staf yang aman dan memadai selama dan setelah badai dan mengamankan peralatan dan aset, jika badai mendarat di dekat lokasi kami."

Enbridge Inc, yang mengoperasikan fasilitas ekspor minyak besar di dekat Corpus Christi, mengatakan semua aset Teluk AS beroperasi, menambahkan bahwa mereka telah mengaktifkan rencana darurat.

Baca Juga: Harga Minyak Terangkat Prospek Kenaikan Konsumsi dan Antisipasi Badai Beryl

Gibson Energy, yang juga mengoperasikan fasilitas ekspor di area tersebut, mengatakan pada hari Minggu bahwa semua karyawan di Gateway dan Houston aman, serta fasilitas dan dermaga diamankan setelah penutupan pelabuhan Corpus Christi.

Citgo Petroleum Corp mengurangi, produksi di kilang Corpus Christi sebesar 165.000 barel per hari pada hari Sabtu, menurut sumber. Kilang berencana untuk menjaga pabrik tetap beroperasi dengan kapasitas minimum selama Beryl lewat.

Beberapa produsen minyak, termasuk Shell dan Chevron, juga telah menghentikan produksi atau mengevakuasi personel dari platform lepas pantai mereka di Teluk Meksiko.




TERBARU

[X]
×