kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelonggaran Kebijakan Nol Covid di China Runtuhkan Pertahanan Staf Medis


Rabu, 14 Desember 2022 / 14:00 WIB
Pelonggaran Kebijakan Nol Covid di China Runtuhkan Pertahanan Staf Medis
ILUSTRASI. Semakin banyak dokter dan perawat China tertular Covid-19 dan beberapa telah diminta untuk tetap bekerja. ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/hp.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Semakin banyak dokter dan perawat China tertular Covid-19 dan beberapa telah diminta untuk tetap bekerja. Pasalnya, berdasarkan keterangan staf medis dan unggahan di media sosial, kini sebagian besar orang yang menunjukkan gejala sedang memadati rumah sakit dan klinik.

Otoritas kesehatan China tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang infeksi di antara staf medis.

Mengutip Reuters, Rabu (14/12), Pakar kesehatan mengatakan pelonggaran aturan Covid yang ketat secara tiba-tiba di China kemungkinan akan memicu lonjakan kasus parah dalam beberapa bulan mendatang, dan rumah sakit di kota-kota besar sudah menunjukkan tanda-tanda ketegangan.

Reuters tidak dapat segera mendapatkan verifikasi dari rumah sakit mengenai waktu tunggu dan tingkat pemanfaatan tempat tidur, tetapi foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan pasien di Beijing dan Baoding yang berdekatan menunggu berjam-jam untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga: Makau Akan Mengizinkan Isolasi di Rumah untuk Warga yang Terinfeksi COVID-19

Pejabat kesehatan telah merekomendasikan agar orang dengan gejala Covid ringan dikarantina di rumah dan juga mengatakan sebagian besar kasus yang dilaporkan di negara itu ringan atau tanpa gejala.

"Rumah sakit kami kewalahan dengan pasien. Ada 700, 800 orang demam datang setiap hari," kata seorang dokter bermarga Li di sebuah rumah sakit tersier di provinsi Sichuan.

"Kami kehabisan stok obat demam dan pilek, sekarang menunggu pengiriman dari pemasok kami. Beberapa perawat di klinik yang mengalami demam dan dinyatakan positif, tidak ada tindakan perlindungan khusus untuk staf rumah sakit dan saya yakin banyak dari kita segera terinfeksi," tambah Li.

Seorang perawat di rumah sakit lain di Chengdu berkata: "Saya dibanjiri hampir 200 pasien dengan gejala Covid tadi malam."

Ben Cowling, seorang ahli epidemiologi di Universitas Hong Kong, mengatakan sumber daya medis yang tidak mencukupi untuk mengatasi membludaknya kasus Covid berkontribusi pada lonjakan kematian di Hong Kong ketika infeksi memuncak di sana awal tahun ini, dan dia memperingatkan bahwa hal yang sama akan terjadi di Hong Kong. 

"Salah satu alasan kami memiliki tingkat kematian yang tinggi (di Hong Kong) adalah karena kami tidak memiliki sumber daya rumah sakit yang cukup untuk mengatasi lonjakan tersebut. Dan sayangnya, itulah yang akan terjadi dalam waktu sekitar satu atau dua bulan di (China) daratan," kata Cowling.

Dia mengatakan lonjakan kasus parah ditambah dengan lonjakan kasus ringan di antara orang tua yang membutuhkan pemantauan membuat rumah sakit Hong Kong kewalahan, dan merekomendasikan fasilitas isolasi terpisah untuk orang tua dengan kasus ringan untuk membebaskan tempat tidur rumah sakit.

Media pemerintah Xinhua melaporkan pada Selasa di ibu kota Beijing, 50 pasien saat ini dalam kondisi serius atau kritis di rumah sakit karena COVID.

Sangat Berantakan

Pelonggaran pembatasan yang tiba-tiba telah memicu antrean panjang di luar klinik demam sejak pekan lalu dalam tanda yang mengkhawatirkan bahwa gelombang infeksi meningkat, meskipun penghitungan resmi kasus baru cenderung lebih rendah baru-baru ini karena pihak berwenang mengurangi pengujian.

Beberapa rumah sakit di Beijing memiliki hingga 80% staf mereka yang terinfeksi, tetapi banyak dari mereka masih diharuskan bekerja karena kekurangan staf, kata seorang dokter di rumah sakit umum besar di Beijing kepada Reuters.

Ia menambahkan dia telah berbicara dengan rekan-rekannya di rumah sakit besar lainnya di ibu kota.

Baca Juga: Pembukaan Ekonomi China Bisa Berdampak Positif Terhadap Harga Komoditas Logam

"Semua operasi dan operasi telah dibatalkan di rumah sakitnya kecuali pasien "meninggal besok", katanya. Ia menolak disebutkan namanya karena sensitivitas subjek.

Sebuah postingan di platform media sosial Weibo menceritakan pengalaman baru-baru ini di bangsal darurat di Rumah Sakit Beijing.

"Mereka yang belum pernah ke unit gawat darurat Rumah Sakit Beijing tidak tahu betapa berantakannya itu," tulis seorang pengguna Weibo bernama Moshang. 

Unggahan tersebut melanjutkan dengan mengatakan bahwa orang-orang yang sangat membutuhkan pembedahan dibuat untuk menunggu.

Rumah Sakit Beijing tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Wan Ling, seorang kepala perawat di sebuah rumah sakit di Huashan di provinsi Anhui China, menulis di Weibo bahwa banyak rekannya yang terinfeksi relatif serius dan mengalami demam tinggi.

Beberapa dokter dari rumah sakit umum top provinsi Wuhan, Tongji, juga dinyatakan positif Covid-19, tetapi sejak Minggu tidak diizinkan untuk mengambil cuti, kata seorang perwakilan penjualan farmasi yang mengetahui langsung masalah tersebut kepada Reuters, menolak disebutkan namanya.

"Mereka harus tetap bekerja selama sakit," kata orang yang rutin mengunjungi rumah sakit dan berbicara dengan dokternya baru-baru ini.

Rumah sakit Tongji tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×