kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45786,44   -4,02   -0.51%
  • EMAS1.008.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Pemilik resto Haidilao, Zhang Yong, masih jadi orang terkaya di Singapura


Minggu, 18 Oktober 2020 / 07:10 WIB
Pemilik resto Haidilao, Zhang Yong, masih jadi orang terkaya di Singapura


Sumber: Forbes | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Di kondisi pasar global yang sangat dinamis seperti saat ini, beragam sektor bisnis bisa berpeluang mengantarkan seseorang untuk meraih gelar orang terkaya. Zhang Yong misalnya, pemilik restoran hotpot khas Sichuan ini sukses mempertahankan diri sebagai orang terkaya di Singapura.

Data terbaru dari Forbes mencatat bahwa kekayaan Zhang Yong saat ini mencapai US$ 24,2 miliar atau sekitar Rp 357 triliun lebih. Mayoritas berasal dari jaringan bisnis restoran Haidilao yang dijalankannya. Yong juga memegang saham mayoritas di Haidilao Catering, Haidilao International Holding, dan Yihai International.

Zhang Yong yang saat ini baru memasuki usia 50 tahun, merupakan orang kelahiran China yang kini menjadi warga negara Singapura.

Dalam biografi yang dicatat oleh Bloomberg, Yong memulai karirnya sebagai tukang las di China. Bahkan ia baru merasakan makan di restoran pada usia 19 tahun. Siapa sangka, saat ini ia bisa menjadi orang terkaya di Singapura.

Baca Juga: Mengenal Tadashi Yanai, bos Uniqlo yang jadi orang terkaya di Jepang

Pada tahun 1994, dia keluar dari perusahaannya dan mulai membuka restoran kecil dengan hanya 4 meja di dalamnya. Restoran tersebut merupakan cabang pertama Haidilao, awal mula kesuksesannya di bisnis kuliner.

Restoran tersebut dirintis oleh Zhang Yong dan istrinya, Shu Ping, beserta rekannya pasangan suami-istri Shi Yonghong dan Li Haiyan.

Restoran kecilnya itu dengan cepat berkembang menjadi restoran hotpot terbesar di Kota Jianyang, Sichuan. Tahun 1998, restoran keduanya bernama Lou Wai Lou dibuka. 

Setelah satu dekade berjalan, pada tahun 2010 Yong membuka sekolah pelatihan manajeman restoran. Bisnis Yong mulai berkembang ke AS saat membuka cabang Haidilao pertama di Los Angeles tahun 2013.

Baca Juga: Mantan wakil presiden BP gantung diri, diduga depresi kena PHK




TERBARU

[X]
×