kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilu Turki: Kilicdaroglu Mulai Incar Suara Kelompok Anti-Pengungsi


Jumat, 19 Mei 2023 / 15:14 WIB
Pemilu Turki: Kilicdaroglu Mulai Incar Suara Kelompok Anti-Pengungsi
ILUSTRASI. Kemal Kilicdaroglu, calon presiden aliansi oposisi utama Turki dan pemimpin Partai Rakyat Republik (CHP) di Ankara, Turki, 12 Mei 2023. REUTERS/Cagla Gurdogan//File Foto


Sumber: Daily Sabah | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Calon presiden Turki, Kemal Kilicdaroglu, untuk pertama kalinya muncul di publik sejak pengumuman hasil pemilu hari Minggu lalu. Dalam penampilannya ini, Kilicdaroglu menegaskan bahwa kubunya akan mulai menarik suara dari kalangan anti-pengungsi.

Dalam pidatonya hari Kamis (18/5), Kilicdaroglu menyalahkan pemerintahan Erdogan karena telah gagal mengawasi perbatasan dan menyebabkan satu juga pengungsi masuk ke Turki.

"Segera setelah saya terpilih, saya akan mengirim semua pengungsi itu ke rumahnya," kata Kilicdaroglu, dikutip Daily Sabah.

Pernyataan tersebut disampaikan ketika kubu koalisi Kilicdaroglu mulai mendekati pendukung Sinan Ogan, calon presiden lain yang gugur di putaran pertama pemilu Turki.

Baca Juga: Pemilu Turki: Erdogan Janjikan Kehidupan yang Lebih Baik Kepada Pemuda

Ogan merupakan seorang nasionalis garis keras yang dinominasikan oleh partai-partai anti-pengungsi. Ogan berhasil meraih lebih dari 5% suara, sebuah perolehan yang sangat mengejutkan.

Ogan sendiri sejauh ini masih ragu-ragu akan memberikan dukungan kepada Erdogan atau Kilicdaroglu. Namun, Ogan tampak lebih dekat dengan Erdogan setelah mengatakan dirinya akan mendukung calon yang berjuang melawan terorisme.

Kilicdaroglu sering difitnah karena menerima dukungan dari Partai Rakyat Demokratik (HDP) yang berafiliasi dengan kelompok teroris Kurdi, PKK.

Kader senior PKK juga berulang kali mengimbau masyarakat yang bersimpati dengan mereka untuk memilih Kilicdaroglu dalam sejumlah video kampanye yang mereka rilis.

Baca Juga: Pemilu Turki: Kubu Kilicdaroglu Siapkan Strategi Baru Jelang Putaran Kedua

Sementara itu, Erdogan pada hari Kamis mengadakan konferensi pers di Ankara yang berfokus pada pengungsi Suriah. Pesan yang disampaikan Erdogan saat itu terlihat sangat nasionalis dan sebagian besar tidak pernah disampaikan dalam kampanyenya di pada putaran pertama.

Isu mengenai pengungsi Suriah juga disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, pada hari Rabu (17/5). Soylu menegaskan bahwa pemerintah tidak akan membiarkan Turki menjadi gudang pengungsi.

Di sisi lain, pemerintah Erdogan juga merasa tidak bisa membiarkan para penduduk Suriah terlantar.

"Kami tidak akan menjadikan Turki sebagai gudang pengungsi, dan kami belum melakukannya hingga saat ini. Tapi Suriah adalah saudara kita. Recep Tayyip Erdogan tidak ingin dikenang sebagai pemimpin yang mengirim warga Suriah ke kematian mereka," kata Soylu.


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×