kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilu Turki: Erdogan Janjikan Kehidupan yang Lebih Baik Kepada Pemuda


Kamis, 18 Mei 2023 / 15:49 WIB
Pemilu Turki: Erdogan Janjikan Kehidupan yang Lebih Baik Kepada Pemuda
ILUSTRASI. Presiden Turki Tayyip Erdogan menyapa para pendukungnya saat meninggalkan kediamannya di Istanbul, Turki 14 Mei 2023. Murat Cetinmuhurdar/Presidential Press Office/Handout via REUTERS


Sumber: Daily Sabah | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, berjanji akan memberikan kehidupan yang lebih baik di masa depan kepada para pemuda. Janji ini jelas ditujukan untuk mengamankan suara jelang pemungutan suara tahap kedua pada 28 Mei mendatang.

Melalui akun Twitter pribadinya, Erdogan turut mengucapkan terima kasih kepada semua warga yang dengan sukarela memberikan suaranya dalam pemilu Turki akhir pekan lalu.

Erdogan memuji para pemuda karena teguh mempertahankan kemauannya dan dengan bebas memberikan suara demi menjunjung demokrasi.

Mengutip Daily Sabah, Aliansi Rakyat yang mendukung Erdogan, terdiri dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) dan koalisinya, berhasil memenangkan 322 dari 600 kursi di badan legislatif baru.

Baca Juga: Pemilu Turki: Erdogan Berpeluang Melanjutkan 20 Tahun Kekuasaannya

Dia memuji jumlah pemilih yang tinggi, sekitar 88% di seluruh negeri dan hampir 53% di luar negeri, dan mengatakan dia mengharapkan hal yang sama untuk putaran kedua.

Hasil tidak resmi menunjukkan bahwa jumlah pemilih muda Erdogan sangat tinggi.

"Seluruh dunia telah menyaksikan betapa benarnya negara kita dengan mempercayai Anda (pemuda), terima kasih atas contoh baik yang Anda tunjukkan. Kalian adalah harapan Kita, jaminan dari masa depan yang cerah Andalah yang akan membawa bangsa kita melampaui peradaban yang besar," tulis Erdogan.

Partai-partai pendukung Erdogan tahun ini sukses menggaet sekitar 5 juta pemilih baru. Dalam kampanyenya, Erdogan sempat menjanjikan smartphone dan laptop bebas pajak, pinjaman pernikahan tanpa bunga, dana keluarga, pekerjaan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Pemilu Turki: Kubu Kilicdaroglu Siapkan Strategi Baru Jelang Putaran Kedua

"Jangan biarkan siapa pun menghalangi Anda dan impian Anda, untuk melemahkan Anda, menakut-nakuti Anda, dan menyuntik Anda dengan racun mereka," lanjut Erdogan seperti menyindir rivalnya, Kemal Kilicdaroglu yang maju bersama Partai Rakyat Republik (CHP).

Kilicdaroglu yang sudah berdiri sebagai pemimpin oposisi selama hampir dua dekade memang belum pernah sekalipun mengalahkan Erdogan dalam pemilu Turki.

"Jangan biarkan mereka yang memiliki ego besar, yang masa lalunya sarat dengan kegagalan dan kekalahan elektoral, terseret ke kedalaman kegelapan tak berdasar. Saya mengandalkan dukungan kuat Anda pada 28 Mei," pungkas Erdogan.




TERBARU

[X]
×