kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemimpin G-7 rapat darurat bahas tenggat waktu penarikan AS dari Afganistan


Selasa, 24 Agustus 2021 / 16:01 WIB
Pemimpin G-7 rapat darurat bahas tenggat waktu penarikan AS dari Afganistan
ILUSTRASI. Seorang marinir AS menenangkan bayi saat menunggu si ibu pada evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afganistan, Sabtu (21/8/2021). Pemimpin G-7 rapat darurat bahas tenggat waktu penarikan AS dari Afganistan.


Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  LONDON. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan menjadi tuan rumah pertemuan darurat para pemimpin G-7 pada hari Selasa waktu setempat untuk mengatasi situasi kacau di Afghanistan dan apa langkah mereka selanjutnya.

Negara-negara G-7 yakni Inggris, AS, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang akan berusaha merumuskan rencana untuk jangka pendek dan masa depan ketika ribuan pengungsi Afghanistan berkumpul di sekitar bandara Kabul mencoba keluar dari negara tersebut dan sebagai negara, mereka melakukan salah satu pengangkutan udara terbesar dalam sejarah untuk mengeluarkan warganya.

Pertemuan virtual akan dilakukan dengan latar belakang penarikan AS yang bergolak dari Afghanistan yang telah membuat pasukan Taliban menguasai negara itu dalam waktu sekitar 10 hari ketika militer dan pemerintah Afghanistan menyerah.

Itu juga datang hanya satu minggu menjelang tenggat waktu 31 Agustus AS untuk penarikan penuh pasukannya dari Afghanistan. Johnson diperkirakan akan meminta Washington memperpanjang tenggat waktu itu, sesuatu yang telah dipertimbangkan secara terbuka oleh Presiden Joe Biden. Namun Taliban mengatakan mereka tidak akan menerima perpanjangan.

Baca Juga: Pengambilalihan Taliban di Afghanistan picu kekhawatiran kebangkitan Al Qaeda

“Itu garis merah. Presiden Biden mengumumkan bahwa pada 31 Agustus mereka akan menarik semua pasukan militer mereka," kata juru bicara Taliban Suhail Shaheen kepada Sky News, Senin.

“Jadi jika mereka memperpanjang itu berarti mereka memperpanjang pendudukan sementara tidak perlu untuk itu," sambungnya seperti dilansir CNBC, Selasa (24/8).

Inggris bermaksud mempertahankan sekitar 1.000 personel bersenjatanya di Afghanistan sampai semua warganya dan warga negara Afghanistan yang bekerja untuk pasukannya dievakuasi, dan tidak memiliki tanggal penarikan tetap seperti yang dilakukan AS. Tetapi ada kekhawatiran bahwa tanpa pasukan AS di lapangan, mereka tidak akan dapat melakukan evakuasi yang aman.

“Jika AS atau Inggris mencari waktu tambahan untuk melanjutkan evakuasi, jawabannya tidak. Atau akan ada konsekuensinya,” tambah Shaheen dari Taliban.

Beberapa pasukan Afghanistan dan warga sipil tewas dalam pertempuran dengan gerilyawan dan berusaha mati-matian untuk melarikan diri dari negara yang sekarang di bawah kekuasaan Taliban; beberapa mencoba berpegangan pada pesawat evakuasi AS saat lepas landas dari bandara internasional Kabul.

Pemerintah AS mengatakan telah mengevakuasi atau memfasilitasi evakuasi sekitar 48.000 orang keluar dari Afghanistan sejak 14 Agustus, tetapi mengakui pada hari Senin bahwa mereka tidak tahu berapa banyak lagi orang Amerika yang tersisa di negara itu.

Selanjutnya: Taliban: AS perpanjang kehadiran di Afghanistan, bakal ada konsekuensi




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×