kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Pemimpin Taiwan yang Baru, Lai Ching-te, Janjikan Pendekatan Stabil dengan China


Sabtu, 18 Mei 2024 / 10:18 WIB
Pemimpin Taiwan yang Baru, Lai Ching-te, Janjikan Pendekatan Stabil dengan China
Lai Ching-te, Taiwan's vice president and the ruling Democratic Progressive Party's (DPP) presidential candidate, speaks during a press conference in Taipei, Taiwan November 20, 2023. Photo: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Presiden Taiwan yang akan datang, Lai Ching-te, berkomitmen untuk mempertahankan stabilitas dengan menjaga status quo dalam hubungan dengan China. Dalam pidato pelantikannya pada hari Senin, Lai akan menggarisbawahi pendekatan ini, kata seorang pejabat senior keamanan.

Lai, yang menggantikan Presiden Tsai Ing-wen setelah menjadi wakil presiden selama empat tahun terakhir, harus menghadapi tekanan yang meningkat dari Tiongkok. 

Beijing terus melakukan serangan militer hampir setiap hari di sekitar wilayah udara Taiwan untuk memaksa Taipei menerima kedaulatannya, klaim yang ditolak tegas oleh pemerintah Taiwan.

Baca Juga: Bisik-Bisik Sumber: Serangan Militer China Semakin Dekat ke Taiwan

Lai, 64 tahun, telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan Tiongkok namun selalu ditolak. Beijing tetap bersikeras menggunakan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya. Lai dan Partai Progresif Demokratik (DPP) yang dipimpinnya menegaskan bahwa hanya rakyat Taiwan yang berhak menentukan masa depan mereka.

“Kami akan membicarakan pendekatan kami yang stabil dan mantap, melanjutkan landasan yang telah ditetapkan oleh Presiden Tsai,” kata pejabat baru yang tidak disebutkan namanya dalam pengarahan di Taipei.

“Kami akan memastikan bahwa Taiwan memainkan peran penting dalam perekonomian global dan geopolitik, sambil mempertahankan status quo dan bekerja sama dengan semua pihak untuk menjaga stabilitas.”

Namun, pejabat tersebut mengakui bahwa pemerintahan baru akan menghadapi tantangan yang lebih kompleks, baik di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: AS Kirim Kapal Perang ke Selat Taiwan, Picu Kemarahan China

China terus melakukan serangan militer yang lebih provokatif, memicu kekhawatiran harian di Taiwan, dan meluncurkan kampanye pengaruh untuk memecah belah opini publik di Taiwan.

“Kami akan terus menjelaskan kepada masyarakat internasional bahwa Tiongkok yang merusak tatanan internasional dan mengganggu peluang pertukaran lintas selat,” tambah pejabat tersebut.

Kantor Urusan Taiwan di China, yang menyatakan bahwa "pemimpin baru Taiwan" harus memilih antara pembangunan damai atau konfrontasi, belum memberikan komentar.

Menjelang kemenangan Lai dalam pemilu Januari lalu, Beijing sering mengecamnya sebagai pendukung kemerdekaan formal Taiwan, menyebut pemilu tersebut sebagai pilihan antara perang dan perdamaian. 

Baca Juga: Taiwan: 14 Pesawat Militer China Melewati Garis Tengah yang Sensitif

Tiongkok mengancam bahwa setiap langkah Taiwan menuju kemerdekaan formal akan menjadi alasan untuk menyerang. Namun, pemerintah Taipei menegaskan bahwa Taiwan sudah menjadi negara merdeka, Republik Tiongkok, dan tidak berencana mengubah status tersebut.

Menjelang pelantikan Lai, Tiongkok telah meningkatkan aktivitas militernya, termasuk serangan tiruan terhadap kapal asing di dekat Taiwan, kata sumber sebelumnya kepada Reuters. Pejabat baru tersebut mengatakan Lai akan berkomitmen untuk memodernisasi pertahanan Taiwan dan melanjutkan program pembuatan pesawat dan kapal militernya sendiri.

“Tujuan kami adalah memastikan konflik tidak akan pernah terjadi,” tegas pejabat itu.

Lai, yang juga dikenal dengan nama Inggrisnya William, menghadapi tantangan domestik yang besar karena DPP kehilangan mayoritas di parlemen pada pemilu Januari lalu.

Baca Juga: Taiwan Siaga Satu Pasca-Pelantikan Presiden Baru, Antisipasi Latihan Perang China

Parlemen Taiwan dalam suasana kacau pada hari Jumat ketika dua partai oposisi utama memperdebatkan reformasi kontroversial, termasuk menjadikan pernyataan palsu di badan legislatif sebagai pelanggaran pidana.

Menulis di Facebook pada Sabtu dini hari, Lai menyerukan perdebatan “rasional” untuk memulihkan keharmonisan dan mencapai konsensus.




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×