CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Penasihat FDA AS Rekomendasikan Perubahan Komposisi Vaksin Covid-19 untuk Musim Gugur


Rabu, 29 Juni 2022 / 06:45 WIB
Penasihat FDA AS Rekomendasikan Perubahan Komposisi Vaksin Covid-19 untuk Musim Gugur


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan AS merekomendasikan perubahan dalam desain vaksin booster Covid-19 musim gugur ini untuk memerangi varian virus corona yang lebih baru, yang beredar.

Mengutip Reuters, Rabu (29/6), Komite Penasihat Vaksin dan Produk Biologi Terkait FDA memberikan suara 19-2 bahwa gelombang vaksin booster Covid berikutnya harus mencakup komponen yang menargetkan varian Omicron virus corona.

FDA berencana untuk memutuskan desain booster pada awal Juli.

Ilmuwan FDA pada pertemuan tersebut menyarankan mereka lebih suka vaksin yang akan menargetkan subvarian BA.4 dan BA.5 Omicron yang saat ini dominan daripada varian BA.1 Omicron yang menyebabkan lonjakan infeksi musim dingin lalu.

Baca Juga: CDC Amerika Serikat Beri Rekomendasi Vaksin Covid-19 Moderna untuk Anak dan Remaja

Dr Peter Marks, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA mengatakan regulator berharap untuk meluncurkan kampanye booster dengan vaksin retooled pada bulan Oktober.

"Semakin baik kecocokan vaksin dengan strain yang beredar, kami percaya mungkin sesuai dengan peningkatan efektivitas vaksin, dan berpotensi untuk daya tahan perlindungan yang lebih baik," kata Marks pada pertemuan penasihat ahli luar untuk badan tersebut.

Pfizer Inc, Moderna Inc dan Novavax Inc mempresentasikan data pada pertemuan tersebut. Ketiga perusahaan tersebut telah menguji versi vaksin mereka yang diperbarui untuk memerangi varian BA.1 Omicron.

Moderna mengatakan akan siap dengan beberapa ratus juta vaksin bivalen, atau bertarget ganda, yang dirancang untuk memerangi BA.1 pada bulan September. perkiraan ini bisa bergeser menjadi akhir Oktober atau awal November jika perlu merancang vaksin yang menargetkan subvarian yang lebih baru, kata perusahaan itu.

Pfizer mengatakan bahwa pihaknya dan mitranya BioNTech telah menyiapkan sejumlah besar vaksin BA.1 dan sedang bersiap untuk memproduksi sejumlah besar vaksin yang menargetkan BA.4 dan BA.5. Dikatakan baik bisa siap untuk peluncuran awal Oktober.

Kanta Subbarao, mewakili komite penasihat Organisasi Kesehatan Dunia yang juga mempertimbangkan masalah ini, mengatakan bahwa dia lebih memilih vaksin berbasis BA.1, menyarankan mereka dapat menghasilkan respons kekebalan yang lebih luas karena varian itu lebih berbeda dari virus asli daripada subvarian penggantinya. 

"Tujuan kami di sini adalah untuk mencapai kekebalan yang lebih luas terhadap varian yang beredar dan muncul," kata Subbarao.

Baca Juga: Apabila Kasus Covid-19 Terus Naik, Booster Dipertimbangkan Jadi Syarat Perjalanan

Ia mencatat bahwa mencoba mencocokkan varian apa yang mungkin beredar pada musim gugur sulit karena ketidakpastian tentang lintasan evolusi virus.

Baik Moderna maupun Pfizer telah mengatakan bahwa vaksin inklusif BA.1 masing-masing menghasilkan respons kekebalan yang lebih baik terhadap Omicron daripada suntikan mereka saat ini yang dirancang untuk virus asli yang muncul dari China.

Mereka mengatakan vaksin baru mereka juga tampaknya bekerja melawan BA.4 dan BA.5, tetapi perlindungan itu tidak sekuat terhadap BA.1.

Koalisi Internasional Otoritas Pengatur Obat-obatan, sekelompok regulator obat global yang mencakup FDA, akan bertemu untuk membahas masalah ini pada hari Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×