kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.439.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Pengguna Media Sosial Bluesky Melonjak Pasca X Dilarang Beroperasi di Brasil


Kamis, 05 September 2024 / 08:30 WIB
Pengguna Media Sosial Bluesky Melonjak Pasca X Dilarang Beroperasi di Brasil
ILUSTRASI. Platform media sosial Bluesky, yang beraspirasi menjadi alternatif Twitter, telah menarik perhatian besar di Brazil . REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: businessinsider.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform media sosial Bluesky, alternatif Twitter, telah menarik perhatian masyarakat Brasil hanya dalam beberapa hari setelah negara tersebut melarang X milik Elon Musk.

Bluesky, yang berbasis di Amerika Serikat, melaporkan bahwa setengah juta pengguna baru bergabung dengan platform ini hanya sehari setelah Brazil memaksa X untuk berhenti beroperasi di negara tersebut.

Pada hari Senin, jumlah tersebut meningkat menjadi 2 juta pengguna baru, seperti yang diumumkan Bluesky dalam sebuah postingan. Bluesky mengakui bahwa Brazil menjadi faktor utama dalam lonjakan pengguna yang tiba-tiba ini.

Baca Juga: Selain Brazil, Sederet Negara Ini juga Pernah dan Masih Memblokir X (Twitter)

"Brazil, Anda mencetak rekor tertinggi baru untuk aktivitas di Bluesky!" tulis perusahaan tersebut dalam sebuah postingan di platformnya.

Konflik antara Elon Musk dan Pemerintah Brazil

Platform terdesentralisasi ini tampaknya menarik banyak pengguna, dengan X dan Musk yang sedang terlibat perseteruan dengan pemerintah Brazil.

Hakim Mahkamah Agung Brazil, Alexandre de Moraes, memerintahkan negara tersebut untuk memblokir akses ke X pekan lalu karena platform yang dimiliki Musk itu menolak membayar denda lebih dari $3 juta dan tidak menerapkan moderasi konten.

Musk, yang menyebut dirinya sebagai "absolutis kebebasan berbicara," menyerang de Moraes di X dengan berbagai sebutan seperti "justice," "bajingan," dan "diktator jahat yang berpura-pura sebagai hakim."

Baca Juga: Begini Reaksi Warga Brasil Pasca X Tak Dapat Diakses, Merasa Terputus dari Dunia

Lebih serius lagi, Musk menuduh de Moraes tanpa bukti telah "berulang kali melanggar hukum Brazil yang seharusnya dia patuhi!" dan terlibat dalam "intervensi serius, berulang & disengaja" dalam pemilu 2022 yang mengalahkan mantan presiden sayap kanan Jair Bolsonaro.

Dampak pada Starlink

Perusahaan Musk lainnya, Starlink, yang menyediakan layanan internet satelit, juga terseret dalam perseteruan ini. De Moraes memerintahkan pembekuan keuangan Starlink untuk digunakan sebagai pembayaran denda yang harus dibayar X kepada pemerintah Brazil.

Pada hari Senin, Starlink memberi tahu regulator telekomunikasi Brazil, Anatel, bahwa mereka tidak akan mematuhi perintah negara tersebut untuk memblokir akses ke X. Namun, pada hari Selasa, Starlink mengubah pendiriannya dan mengumumkan dalam sebuah postingan di X bahwa mereka akan mematuhi perintah tersebut.

"Terlepas dari perlakuan ilegal terhadap Starlink dalam pembekuan aset kami, kami mematuhi perintah untuk memblokir akses ke X di Brazil," tulis Starlink. "Kami terus mengejar semua jalur hukum, seperti yang dilakukan oleh pihak lain yang setuju bahwa perintah terbaru dari @alexandre melanggar konstitusi Brazil."

Baca Juga: X Milik Elon Musk Dilarang Beroperasi di Brasil

Pertumbuhan Pesat Bluesky

Bluesky awalnya dibuat dalam Twitter dengan bantuan pendiri dan CEO saat itu, Jack Dorsey, tetapi kemudian diluncurkan sebagai perusahaan independen. Seperti X, platform ini memungkinkan pengguna untuk memposting, menyukai, berbagi, mengirim pesan langsung, membuat daftar, dan profil pengguna.

Namun, berbeda dengan X, Bluesky adalah jaringan terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna mendaftar untuk moderasi konten pihak ketiga, mengatur server mereka sendiri untuk menjalankan aplikasi, dan menyesuaikan tampilan feed mereka.

Pada hari Selasa, Bluesky memberikan angka-angka yang menunjukkan seberapa besar pertumbuhannya dalam 96 jam terakhir, dibandingkan dengan periode 96 jam yang sama minggu sebelumnya.

Baca Juga: Selain Elon Musk, Ini Daftar Lengkap Pemilik X

Dalam periode 96 jam terbaru, Bluesky mengatakan platform ini menerima 104,6 juta suka dibandingkan dengan 13 juta pada periode yang sama minggu sebelumnya, 100,8 juta pengikut dibandingkan dengan 1,4 juta minggu sebelumnya, 11 juta repost dibandingkan dengan 1,3 juta minggu sebelumnya, dan 2,11 juta pengguna baru dibandingkan dengan hanya 26.000 minggu sebelumnya.

"Peningkatan aktivitas di sini benar-benar gila," tulis Bluesky dalam postingannya.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×