kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,25   -3,11   -0.33%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengusaha teknologi mendominasi daftar Forbes


Selasa, 03 Maret 2015 / 13:24 WIB
Pengusaha teknologi mendominasi daftar Forbes
ILUSTRASI. Alasan berhenti menggunakan Telegram.


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

WASHINGTON. Majalah Forbes baru saja merilis daftar nama-nama orang terkaya dunia. Sama seperti tahun lalu, pendiri Microsoft Bill Gates kembali menduduki posisi pertama.

Selain itu, catatan Forbes menunjukkan, nilai total kekayaan 20 miliarder utama dunia mengalami penurunan sebesar US$ 2 miliar menjadi US$ 29 miliar pada tahun ini. Dari 20 peringkat orang terkaya tersebut, enam di antaranya merupakan pendiri dan kepala pimpinan perusahaan teknologi AS.

Sementara itu, wanita dengan nilai kekayaan tertinggi di jagat raya adalah Christy Walton, janda John Walton, yang merupakan salah satu pewaris kerajaan perusahaan ritel Wal-Mart.

Walton telah dinobatkan sebagai wanita terkaya dunia untuk ke lima kalinya dalam enam tahun terakhir oleh Forbes.

Sedangkan pendiri Facebook Mark Zuckerberg merangsek naik lima posisi ke peringkat 16, dengan nilai kekayaan US$ 33,4 miliar. Ini pertama kalinya Zuckerberg masuk ke dalam daftar 20 orang tertajir dunia.

Siapa miliarder termuda dunia? Dia adalah Evan Spiegel yang saat ini berusia 24 tahun. Spiegel merupakan salah satu pendiri applikasi pesan Snapchat, dengan nilai kekayaan US$ 1,5 miliar.

Forbes juga menguraikan, Sillicon Valley sudah menelurkan 23 miliarder baru tahun ini, termasuk pendiri jasa sewa mobil Uber Travis Kalanick dan Garrett Camp, termasuk karyawan pertama mereka Ryan Graves.

Sementara itu, Elizabeth Holmes yang merupakan pendiri perusahaan pengecek darah Theranos, masuk ke dalam daftar Forbes sebagai miliarder wanita termuda dengan usahanya sendiri. Saat ini, wanita yang berusia 31 tahun itu memiliki kekayaan senilai US$ 4,5 miliar.

Data Forbes juga menunjukkan, warga AS juga mendominasi daftar miliarder dunia di mana 15 dari 20 miliarder terkaya dunia berasal dari Amerika.

Daftar miliarder Forbes juga meliputi 290 pendatang baru, di mana 71 di antaranya berasal dari China. Jumlah miliarder yang berusia di bawah 40 tahun juga menembus rekor baru sebanyak 46 orang.

Guatemala mencetak miliarder baru untuk kali pertama, yakni Mario Lopez Estrada pemilik Comcel. Dia menduduki peringkat 1.741 pada daftar tersebut.

Di sisi lain, ada 138 orang yang terlempar dari daftar Forbes tahun lalu. Salah satunya adalah Presiden Ukraina dan mantan "raja cokelat" yakni Petro Poroshenko.




TERBARU

[X]
×