Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - HANGZHOU. Raksasa e-commerce Alibaba Grup membukukan penjualan sebesar US$ 38,8 miliar atau setara RMB 268,4 miliar, pada perayaan Global Shopping Festival 11.11 tahun ini.
Angka penjualan tersebut meningkat 24,58% jika dibandingkan dengan 2019.
Baca Juga: Dua jam pertama festival 11.11, Alibaba Group catat GMV US$ 18,32 miliar
Menanggapi hajatan besar 11.11 tahun ini, Daniel Zhang Executive Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) Alibaba Group hanya menyatakan tahun ini, dirinya hanya bertugas memobilisasi sumber daya di seluruh ekosistem digital Alibaba untuk mendukung tim 11.11.
"Saya yakin mereka akan menggunakan kreativitas dan antusiasme serta imajinasi mereka untuk menghadirkan pengalaman 11.11 yang baru untuk para konsumen, penjual dan di platform kami," kata Daniel dalam wawancara resmi dengan tim Alibaba di Hangzhou, China, Senin (11/11).
Ia menegaskan tahun ini dirinya hanya berbelanja saja. "Tahun ini sebenarnya merupakan pengalaman yang sangat baru buat saya: Saya bisa fokus untuk berbelanja!," tandasnya.
Daniel menceritakan, selama sepuluh tahun belakangan, ia telah memimpin pusat komando 11.11 dan bertanggung jawab untuk memastikan semua sistem siap saat 11.11 dimulai pada pukul 00:00.
Baca Juga: Sembilan jam setelah dibuka, penjualan Alibaba di hari Jomblo capai US$ 23 miliar
Pada momen paling intens persis sebelum jam menunjukkan pukul 00:00, biasanya dia akan naik ke panggung untuk menghitung mundur mulainya 11.11.