Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - HANGZHOU. Raksasa e-commerce China, Alibaba Group Holding Inc, Senin waktu setempat mengatakan penjualan di hari jomblo alias Singles 'Day mencapai 158,31 miliar yuan (US$ 22,63 miliar) dalam sembilan jam pertama. Jumlah ini naik 25% dari 126,72 miliar yuan pada waktu yang sama tahun lalu.
Bersamaan dengan Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat, Singles 'Day telah dipromosikan sebagai festival belanja oleh Ketua dan Kepala Eksekutif Alibaba Daniel Zhang sejak 2009, berkembang pesat untuk menjadi acara penjualan online terbesar di dunia.
Baca Juga: Inilah produk Indonesia yang laku di hari jomblo Alibaba 11.11
Alibaba menjaring penjualan senilai US$ 30 miliar pada platformnya pada Singles `Day tahun lalu. Ritel raksasa China yang bernilai US$ 486 miliar memulai festival belanja 24 jam tahun ini dengan pertunjukan oleh bintang pop Amerika Taylor Swift dan selebriti lokal seperti Jackson Yee.
Penjualan di Singles 'Day mencapai US$ 1 miliar pada menit pertama, dan mencapai 84 miliar yuan pada jam pertama, naik 22% dari penjualan awal tahun lalu sebesar 69 miliar yuan.
Baca Juga: Penjualan 11.11 Alibaba capai US$ 7,8 miliar dalam 15 menit
Singles 'Day adalah salah satu topik yang sedang hangat di platform mikroblogging Weibo Senin pagi, para pengguna mendiskusikan apa yang mereka habiskan dengan uang mereka.