Penjualan Mobil China Naik 32% Pada Agustus, Didorong Permintaan Kendaraan Listrik

Jumat, 09 September 2022 | 13:54 WIB Sumber: Reuters
Penjualan Mobil China Naik 32% Pada Agustus, Didorong Permintaan Kendaraan Listrik

ILUSTRASI. Penjualan mobil China mencapai 2,38 juta unit pada Agustus 2022, naik 32,1% dari tahun lalu. REUTERS/Aly Song


KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Penjualan mobil China mencapai 2,38 juta unit pada Agustus 2022, naik 32,1% dari tahun lalu. Kenaikan penjualan ini didorong oleh naiknya permintaan kendaraan listrik yang didorong oleh insentif pemerintah.

Data Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) menunjukkan, penjualan mobil di China sepanjang delapan bulan pertama tahun ini tumbuh 1,7% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Mengutip Reuters, Jumat (9/9), penjualan kendaraan energi baru Agustus, yang meliputi kendaraan listrik murni, hibrida plug-in dan kendaraan sel bahan bakar hidrogen, meningkat 100% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Tertekan Gelombang Panas dan Pembatasan Covid, Indeks Harga Konsumen China Melambat

CAAM melacak penjualan mobil yang lebih luas termasuk kendaraan penumpang, bus dan truk. Sementara Asosiasi Mobil Penumpang China, yang melaporkan penjualan Juli pada hari Kamis, berfokus pada penjualan ritel mobil.

Ekspor kendaraan China juga meningkat 65% dari tahun lalu, menurut data CAAM. Dengan kendaraan listrik menyumbang 27% di antaranya.

Namun, penjualan Agustus, turun 1,5% dari Juli, karena pembatasan listrik mempengaruhi produksi pembuat mobil dan gelombang panas terpanjang dan paling intens di China sejak pencatatan dimulai pada tahun 1961 mengurangi kunjungan pelanggan ke ruang pamer.

Dengan ekonomi yang lesu, China telah mencoba untuk menghidupkan kembali permintaan mobil dengan insentif seperti pajak penjualan yang lebih rendah untuk kendaraan bermesin kecil dan subsidi untuk memacu pertukaran kendaraan bensin dengan kendaraan listrik.

Tetapi lebih banyak kota termasuk Shenzhen dan Chengdu telah memberlakukan penguncian baru karena Beijing tetap pada kebijakan Covid nol dinamis untuk membasmi setiap rantai infeksi.

Baca Juga: ECB Promises More Rate Hikes After Unprecedented Increase

Langkah-langkah tersebut membebani industri lagi dengan pembuat mobil seperti Volvo, Toyota dan Volkswagen baik menangguhkan produksi atau menempatkan pabrik mereka ke dalam sistem loop tertutup, yang umumnya masih berdampak pada output.

Sektor ini terpukul keras di awal tahun, dengan penguncian ketat selama berbulan-bulan di pusat manufaktur utama Shanghai dan Changchun.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru