Sumber: Bloomberg | Editor: Rizki Caturini
LONDON. Dewasa ini makin banyak cara produsen untuk meningkatkan penjualan produk-produknya. Tengok saja cara pemasaran Marks&Spencer Group Plc. Untuk mendongkrak penjualan produknya di toko online, produsen pakaiaan terbesar di Inggris ini memberi layanan yang diberi nama "size detective".
Layanan itu menawarkan jasa kirim e-mail tanpa nama pengirim. Jadi, jika konsumen ingin memberi kejutan hadiah Natal kepada kerabat, namun tidak tahu ukuran sepatu atau ukuran pinggangnya, cara ini layak ditempuh.
Best Buy U.K lain lagi, mereka memberikan potongan harga khusus bagi konsumen yang berbelanja melalui internet. Sementara situs Liberty Plc memberi jasa kirim barang gratis pada 10 Desember 2010 lalu.
Menurut Deloitte LLP perusahaan jasa audit dan konsultan Inggris, transaksi dari produsen ritel yang menggunakan cara pemasaran beragam seperti melalui internet, katalog, atau call centre lebih tinggi 82% ketimbang produsen yang hanya berjualan di toko.
"Penawaran sarana belanja yang beranekaragam ini membuat pelanggan lebih nyaman berbelanja dan menghemat waktu karena konsumen tidak harus datang ke toko lagi," kata Ian Geddes Kepala Ritel Delloite.
Apalagi ditambah cuaca dingin bulan ini membuat belanja online meningkat. Sebaliknya, pengunjung toko offline di Inggris turun 14,5% pada awal Desember 2010 dibandingkan dengan tahun lalu.