Penobatan Raja Inggris Charles Bakal Dirayakan Meriah dengan Pesta Jalanan

Senin, 23 Januari 2023 | 05:41 WIB Sumber: Reuters
Penobatan Raja Inggris Charles Bakal Dirayakan Meriah dengan Pesta Jalanan

ILUSTRASI. Penobatan Raja Inggris Charles III pada Mei mendatang akan dirayakan dengan prosesi tradisional dan pesta jalanan. REUTERS/Ed Sykes


KONTAN.CO.ID - LONDON. Istana Buckingham mengumumkan pada Sabtu (21/1/2023), penobatan Raja Inggris Charles III pada Mei mendatang akan dirayakan dengan prosesi tradisional, konser di Kastil Windsor, pesta jalanan, hingga pertunjukan cahaya.

Reuters memberitakan, Charles, 74 tahun, otomatis menjadi raja setelah kematian ibunya Ratu Elizabeth pada September lalu. Upacara penobatan akbar untuk Charles dan istrinya Camilla akan berlangsung pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Acara penobatan Raja Charles sejauh tahun ini telah dibayangi oleh terbitnya buku memoar putra raja Pangeran Harry di mana dia telah membuat tuduhan terhadap Raja dan anggota keluarga lainnya.

Dalam keterangan resminya, Istana Buckingham mengatakan warga Inggris, yang telah diberi hari libur bank tambahan pada 8 Mei untuk menandai kesempatan itu, akan dapat menonton upacara dan konser khusus. Masyarakat juga dapat menyaksikan bangunan ikonik yang diterangi dengan proyeksi, laser, dan tampilan drone.

"Yang Mulia Raja dan Permaisuri berharap Akhir Pekan Penobatan akan memberikan masyarakat kesempatan untuk menghabiskan waktu dan merayakannya bersama teman, keluarga, dan komunitas di seluruh Inggris, Alam, dan Persemakmuran," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Kate Middleton Ulang Tahun ke-41, Ini Profil Calon Ratu Inggris yang Curi Perhatian

Charles, juga merupakan raja dan kepala negara dari 14 negara lain termasuk Australia, Kanada, Jamaika, Selandia Baru, dan Papua Nugini.

Upacara formal akan berlangsung di Westminster Abbey London, yang kemudian disusul dengan acara arak-arakan tradisional yang digunakan untuk menghormati raja selama 1.000 tahun terakhir.

Setelah prosesi penobatan, Raja dan permaisuri kemudian akan muncul di balkon Istana Buckingham ditemani oleh anggota keluarga kerajaan.

Istana Buckingham tidak menyebutkan anggota kerajaan mana yang bakal hadir, di tengah spekulasi tentang apakah Pangeran Harry akan diundang. Dan jika dia diundang, apakah Harry bakal datang, mengingat kritik tajam dan keras yang dituduhkannya kepada keluarganya baru-baru ini.

Baca Juga: Pangeran Harry: Saya Ingin Ayah dan Saudara Laki-Laki Saya Kembali

Kastil Windsor akan menjadi tuan rumah konser penobatan Raja Charles pada hari Minggu 7 Mei 2023. Menurut Istana Buckingham, konser ini akan menampilkan orkestra yang memainkan musik favorit dengan penampilan artis-artis besar dunia dan paduan suara penobatan khusus, sebelum gedung-gedung di seluruh negara menyala.

Sementara, pesta jalanan akan digelar pada hari Minggu, dengan komunitas dan tetangga didorong untuk berkumpul untuk berbagi makanan.

Pada hari Senin 8 Mei, masyarakat Inggris akan didorong untuk menjadi sukarelawan dengan badan amal.
 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru