kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pentagon beberkan misi terbaru selamatkan orang AS yang terdampar di Kabul


Rabu, 25 Agustus 2021 / 10:19 WIB
Pentagon beberkan misi terbaru selamatkan orang AS yang terdampar di Kabul
ILUSTRASI. Pengungsi anak-anak menunggu penerbangan berikutnya setelah didaftarkan di Bandara Internasional Hamid Karzai, di Kabul, Afghanistan, Kamis (19/8/2021). Lt. Mark Andries/U.S. Marine Corps/Handout via REUTERS


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Pentagon pada hari Senin mengungkapkan telah melakukan misi penyelamatan lain untuk mengangkut orang Amerika yang terdampar di Kabul ke bandara internasional ibukota Afghanistan, di mana upaya evakuasi AS yang mendesak masih berlangsung. 

Pengumuman itu muncul setelah Pentagon mengkonfirmasi bahwa tiga helikopter Angkatan Darat CH-47 Chinook Kamis lalu menerbangkan sekelompok 169 orang Amerika dari Hotel Baron di Kabul ke Bandara Internasional Hamid Karzai yang hanya berjarak 200 meter.

Melancir Politico, Rabu (25/8), terlepas dari misi itu, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan pada jumpa pers Senin ada "setidaknya satu contoh tambahan di mana angkut udara rotari digunakan untuk membantu orang Amerika masuk dari luar bandara ke bandara." Dia menolak untuk menjelaskan lebih lanjut, mengatakan kepada wartawan: "Saya pikir saya hanya akan berhenti di situ hari ini."

Kirby juga menunjukkan bahwa misi penyelamatan oleh pasukan AS dalam beberapa hari terakhir lebih sering daripada yang diakui pejabat senior pemerintah sejauh ini dan bahwa beberapa telah difasilitasi dengan cara selain helikopter militer.

Baca Juga: Kekhawatiran akan kembangkitan Al-Qaeda pasca Taliban kuasai Afganistan mengemuka

“Kadang-kadang di mana ada kebutuhan, dan ada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan itu komandan kami di lapangan melakukan apa yang mereka rasa perlu mereka lakukan untuk membantu orang Amerika mencapai bandara,” kata Kirby.

Kirby mengatakan ada berbagai metode di mana misi penyelamatan dapat dilakukan, dan "tanpa merinci, kami menggunakan berbagai metode yang kami miliki," ucapnya.

Meskipun Kirby hanya mengkonfirmasi satu misi penyelamatan tambahan telah terjadi sejak pengangkutan udara Kamis lalu, "itu tidak berarti itu adalah jumlah total dari apa yang kami lakukan untuk keluar dan mencoba membawa dan membantu orang Amerika yang datang," katanya. 

“Kami tidak akan merinci semuanya, karena lingkungan ancamannya sangat tinggi.”

Namun, Kirby menekankan misi penyelamatan tidak diizinkan secara "biasa". "Saya tidak ingin meninggalkan Anda dengan gagasan bahwa kami entah bagaimana berpatroli di jalan-jalan Kabul," katanya.

Pernyataan Kirby mengenai misi penyelamatan yang sedang berlangsung oleh pasukan AS menunjukkan perubahan nyata dalam kemampuan Pentagon sejak Rabu lalu, ketika Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengakui bahwa upaya untuk mengevakuasi orang Amerika dan sekutu Afghanistan sepenuhnya terbatas pada bandara itu sendiri.

Baca Juga: PM Inggris jadi tuan rumah rapat darurat pemimpin G-7 bahas situasi Afganistan

Pada saat itu, Austin menilai bahwa militer AS tidak “memiliki kemampuan untuk keluar dan memperluas operasi saat ini ke Kabul,” dengan mengatakan: “Pasukan yang kami miliki fokus pada keamanan lapangan terbang.”

Pada hari Senin, Kirby berusaha untuk merevisi komentar Austin dengan alasan Austin menyampaikan bahwa militer AS tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pergerakan besar-besaran orang pada Rabu lalu.




TERBARU

[X]
×