kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Penuh Teka-teki, Siapa yang Membocorkan Dokumen Rahasia AS Soal Ukraina?


Selasa, 11 April 2023 / 07:45 WIB
Penuh Teka-teki, Siapa yang Membocorkan Dokumen Rahasia AS Soal Ukraina?
ILUSTRASI. Puluhan dokumen rahasia Departemen Pertahanan Amerika soal perang Ukraina bocor dan beredar di internet. REUTERS/Christian Mang


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Puluhan dokumen rahasia Departemen Pertahanan Amerika bocor dan beredar di internet. 

Dokumen tersebut berisi gambaran secara rinci tentang perang di Ukraina, lengkap dengan peta, bagan, dan foto.

Melansir BBC, dokumen-dokumen tersebut, beberapa di antaranya bertanda "sangat rahasia", melukiskan gambaran rinci tentang perang di Ukraina. Yakni, lengkap dengan garis waktu dan lusinan akronim militer yang tidak dapat ditembus.

Dokumen tersebut menceritakan tentang korban yang diderita di kedua sisi, kerentanan militer masing-masing dan, yang terpenting, kemungkinan kekuatan relatif mereka ketika Ukraina memutuskan untuk meluncurkan serangan musim semi yang sangat dinanti-nantikan.

Seberapa valid dokumen tersebut? 

Berikut sejumlah hal penting mengenai dokumen rahasia tersebut seperti yang dikutip dari BBC.

Pertama, ini adalah kebocoran informasi rahasia Amerika terbesar tentang perang di Ukraina sejak invasi besar-besaran Rusia 14 bulan lalu. Beberapa dokumen berumur enam minggu, tetapi implikasinya sangat besar.

Pejabat Pentagon yang dikutip media mengatakan dokumen itu nyata.

Baca Juga: Putin: Intelijen Barat Telah Membantu Ukraina Melakukan Sabotase

BBC News telah meninjau lebih dari 20 dokumen. Mereka memasukkan laporan terperinci tentang pelatihan dan peralatan yang diberikan ke Ukraina karena mengumpulkan selusin brigade baru untuk serangan yang dapat dimulai dalam beberapa minggu.

Dikatakan kapan brigade akan siap dan mencantumkan semua tank, kendaraan lapis baja dan artileri yang disediakan oleh sekutu Ukraina di Barat.

Namun disebutkan bahwa "waktu pengiriman peralatan akan berdampak pada pelatihan dan kesiapan".

Satu peta mencakup "garis waktu tanah beku", menilai kondisi tanah di seluruh Ukraina timur saat musim semi berlangsung.

Setelah musim dingin yang menguji pertahanan udara Ukraina hingga batasnya, ada juga analisis serius tentang kemampuan pertahanan udara Kyiv yang semakin berkurang, karena berusaha menyeimbangkan sumber dayanya yang terbatas untuk melindungi warga sipil, infrastruktur penting, dan pasukan garis depan.

Dokumen yang bocor tidak hanya mengatakan banyak tentang keadaan militer Ukraina, dokumen ini juga berbicara tentang beberapa sekutu Washington lainnya. Dari Israel hingga Korea Selatan, dokumen tersebut mengungkapkan perdebatan internal yang dilakukan negara-negara tersebut tentang Ukraina dan masalah sensitif lainnya.

Beberapa dokumen ditandai sangat rahasia, yang lainnya hanya dibagikan dengan sekutu intelijen terdekat Amerika.

Baca Juga: Rusia Tangkap Koresponden AS Atas Tuduhan Mata-Mata




TERBARU

[X]
×