kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbatasan India-China tetap tegang di tengah negosiasi jenderal dari kedua negara


Kamis, 02 Juli 2020 / 09:30 WIB
Perbatasan India-China tetap tegang di tengah negosiasi jenderal dari kedua negara
ILUSTRASI. Tentara India dan Cina bersama-sama merayakan Tahun Baru 2019 dengan upacara bendera di kawasan perbatasan Bum La, Arunachal Pradesh, India.


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. China mengatakan bahwa komunikasi pasukan perbatasannya dengan India telah membuat kemajuan untuk meredakan ketegangan di antara mereka.

Kedua pihak pun disebut akan terus membicarakan solusi untuk mengakhiri pertikaian yang terjadi saat ini.

Baca Juga: Menyedihkan, ratusan gajah mati di Botswana, di dugaan penyebabnya

Juru bicara kementerian luar negeri Cina Zhao Lijian menyebut Mayor Jenderal Liu Lin, komandan wilayah militer Xinjiang Selatan China, dan Letnan Jenderal Harinder Singh, komandan 14 Korps infantri di India, bertemu di Chushul, Ladakh, pada hari Selasa untuk ketiga kalinya dalam sebulan dan membuat beberapa kemajuan positif

"Kedua pihak berbicara tentang mengambil langkah-langkah efektif untuk melepaskan dan mengurangi ketegangan di perbatasan," kata dia seperti dikutip South China Morning Post.

"Kami berharap pihak India akan mengimplementasikan konsensus yang disepakati dengan tindakan praktis, terus menjaga komunikasi yang erat melalui saluran militer dan diplomatik, dan bersama-sama mempromosikan de-eskalasi situasi di perbatasan," kata Zhao.

Global Times, tabloid nasionalistik yang diterbitkan Harian Rakyat Partai Komunis, melaporkan bahwa China dan India sepakat bahwa pasukan perbatasan akan melepaskan diri dalam kelompok yang berbeda.

Baca Juga: UU keamanan berlaku, Inggris tawarkan kewarganegaraan pada jutaan warga Hong Kong

Mengutip sumber tanpa nama tentang pasukan perbatasan China, laporan itu mengatakan bahwa diskusi yang jujur ​​dan mendalam pada hari Selasa telah menyebabkan kedua belah pihak sepakat untuk mengambil langkah-langkah kuat untuk mengurangi ketegangan.

Tetapi media India melaporkan bahwa dalam negosiasi maraton selama 12 jam, kedua belah pihak mengalami kesulitan tentang bagaimana mendefinisikan rincian pelepasan pasukan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×