kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perdana Menteri Australia dan PM Jepang Sepakat Perkuat Hubungan Keamanan


Sabtu, 22 Oktober 2022 / 13:26 WIB
Perdana Menteri Australia dan PM Jepang Sepakat Perkuat Hubungan Keamanan
ILUSTRASI. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida sepakat untuk memperkuat hubungan keamanan REUTERS/Issei Kato


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida sepakat untuk memperkuat hubungan keamanan di tengah dorongan China untuk menancapkan pengaruh yang lebih besar di kawasan Asia Pasifik.

Mengutip Reuters, Sabtu (22/10), pada Pertemuan Pemimpin Australia-Jepang tahunan, yang diadakan di ibu kota Australia Barat, Perth, keduanya menandatangani perjanjian kerja sama keamanan yang memperbarui pakta 2007, untuk menanggapi lingkungan keamanan regional yang berubah.

Sebagai bagian dari penguatan kemitraan keamanan, Albanese mengatakan militer Jepang akan berlatih di Australia utara bersama personel Angkatan Pertahanan Australia.

Baca Juga: AS: Di Bawah Xi Jinping, China Represif di Dalam Negeri & Agresif di Luar Negeri

Dalam pertemuan puncak keempat mereka sejak Albanese menjabat pada Mei, mereka mengatakan perjanjian itu akan berfungsi sebagai penunjuk arah untuk kerja sama keamanan untuk dekade berikutnya. Mereka sepakat untuk berkonsultasi dan mempelajari tanggapan terhadap keadaan darurat yang dapat mempengaruhi keamanan regional.

Albanese dan Kishida juga membahas perubahan iklim, menyatakan dukungan untuk transisi regional ke emisi nol karbon bersih dan meningkatkan investasi dalam teknologi energi bersih.

"Kedua negara kami berkomitmen untuk mencapai nol pada tahun 2050," kata Albanese kepada wartawan setelah upacara penandatanganan.

Di antara upaya itu, para pemimpin sepakat untuk membantu membangun rantai pasokan yang aman antara kedua negara untuk "mineral penting, termasuk yang diperlukan untuk membangun teknologi hijau masa depan," kata Albanese.

"Kemitraan ini berarti kami membangun rantai pasokan yang aman, mempromosikan investasi, mengembangkan sektor domestik Australia dan memastikan pabrikan maju Jepang memiliki mineral penting yang mereka butuhkan."

Selain membangun kerangka kerja untuk rantai pasokan yang aman, kemitraan ini akan mempromosikan berbagi informasi dan kolaborasi, termasuk penelitian, investasi, dan pengaturan komersial antara proyek mineral penting Jepang dan Australia, kata pemerintah Australia dalam sebuah pernyataan.

Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa penandatanganan deklarasi keamanan bersama yang diperbarui adalah salah satu pencapaian terbesar dari kunjungannya.

"Saya menyatakan tekad saya bahwa semua opsi yang diperlukan untuk pertahanan negara kita, termasuk yang disebut kemampuan serangan balik, akan dipertimbangkan dan kemampuan pertahanan Jepang akan diperkuat secara fundamental dalam lima tahun ke depan, yang didukung oleh Anthony," katanya.

Baca Juga: Australia Selidiki Dugaan Adanya Pilot Tempur yang Melatih Militer China

Pemimpin Jepang itu mengatakan kedua negara telah bekerja untuk mencapai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka di bawah lingkungan strategis yang semakin parah.

“Melalui pengalaman ini, ikatan yang mengikat Jepang dan Australia menjadi lebih kuat. Dan kedua negara kami telah menjadi pilar utama kerja sama di antara negara-negara yang berpikiran sama,” katanya.

Australia adalah pemasok utama bijih besi, batu bara, dan gas ke Jepang. Lokasi pertemuan di Perth, 3.700 km (2.300 mil) dari ibu kota negara Canberra, dimaksudkan untuk menunjukkan pentingnya Australia Barat dalam memasok kebutuhan energi Jepang, termasuk energi terbarukan. Negara bagian ini juga merupakan sumber utama daging sapi dan gandum ke Jepang.

Canberra dan Tokyo baru-baru ini memperkuat hubungan keamanan sebagai tanggapan atas meningkatnya kekuatan militer China di wilayah tersebut. Pada bulan Mei, Kishida dan Albanese berjanji untuk bekerja menuju deklarasi bilateral baru tentang kerjasama keamanan.

Deklarasi bersama sebelumnya menguraikan kerja sama keamanan di bidang-bidang seperti kontra-terorisme dan program rudal dan senjata nuklir Korea Utara. Kedua negara pada tahun 2014 meningkatkan hubungan mereka menjadi "Kemitraan Strategis Khusus".




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×